Show simple item record

dc.contributor.authorRiyan Firmansyah
dc.date.accessioned2014-04-13T23:38:43Z
dc.date.available2014-04-13T23:38:43Z
dc.date.issued2014-04-13
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56916
dc.description.abstractSepeda motor biasanya digunakan untuk menempuh perjalanan jauh dan dalam jangka waktu yang lama. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akibat suhu mesin melebihi suhu normal mesin saat bekerja penelitian ini perlu dilakukan dan bertujuan untuk mengetahui laju pembuangan panas dan efektivitas antara fluida air dengan radiator coolant (RC). Pada penelitian ini dilakukan pengujian perbandingan antara air dengan radiator coolant (RC) dari berbagai merk, dengan metode eksperimental. Dari penelitian tersebut diambil data antara lain temperatur masuk dan keluar fluida pada radiator, dan temperatur masuk dan keluar udara (fan) pada radiator, yang kemudian dilakukan pengolahan data untuk menentukan laju aliran massa (m), panas spesifik fluida (Cp), laju pembuangan panas fluida (q), dan efektivitas fluida. Hasil pengujian perbandingan fluida air terhadap fluida radiator coolant (RC) menunjukan laju pembuangan panas dan efektivitas fluida RC Tipe A yang paling tinggi yaitu sebesar 96.39 Watt (pada suhu 80ºC), 100.13 Watt (pada suhu 82ºC), 98.63 Watt (pada suhu 83ºC) dan Efektivitasnya sebesar 1.50 % . Kondisi ini menunjukkan fluida RC Tipe A memiliki kemampuan penyerapan dan pembuangan panas mesin yang paling tinggi daripada air.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries09191010101068;
dc.subjectRadiator Coolant (RC), Radiator Sepeda Motoren_US
dc.titleANALISIS EFEKTIVITAS LAJU PEMBUANGAN PANAS FLUIDA AIR DENGAN RADIATOR COOLANT (RC) PADA SEPEDA MOTORen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record