Show simple item record

dc.contributor.authorKasriwanto
dc.date.accessioned2013-12-06T06:48:25Z
dc.date.available2013-12-06T06:48:25Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM070210204064
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5658
dc.description.abstractPermasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA pokok bahasan jenis-jenis gerak benda yang dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas III.B SDN Kepatihan 03 Jember dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan jenis-jenis gerak benda dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas III.B SDN Kepatihan 03 Jember. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar IPA topik jenis-jenis gerak benda dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas III.B SDN Kepatihan 03 Jember dan meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan jenis-jenis gerak benda dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas III.B SDN Kepatihan 03 Jember. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 03 Jember dengan jumlah siswa sebanyak 30 0rang. Pada penelitian ini siswa dibagi menjadi 5 kelompok dengan anggota kelompok berjumlah 6 orang pada masing-masing kelompok yang dipilih secara heterogen berdasarkan jenis kelamin dan kemampuan akademis yang berbeda. Penelitian ini menggunakan deskriftif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 1 pertemuan pada masing-masing siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriftif kualitatif dengan menganalisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif dengan menganalisis tes individu. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 20 juli 2010 sampai 30 juli 2010 dengan subyek penelitian siswa kelas III.B SDN Kepatihan 03 Jember. Data dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes individu. Pada siklus I aktivitas siswa secara klasikal mencapai 60% dan tes individu mencapai 63,33%. Pada siklus II aktivitas siswa secara klasikal mencapai 86,66 dan tes invidu mencapai 90%. Analisis data hasil penelitian siklus I pada hasil tes mencapai 63,33% dan pada siklus II mencapai 90%. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I dan siklus II menunjukan bahwa siswa III.B telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal karena telah melebihi ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu ≥ 65% yang mendapatkan nilai ≥65. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami penigkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan jenis-jenis gerak benda. Penerapan model cooperative learning tipe jigsaw ini dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar juga meningkat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204064;
dc.subjectAktivitas Dan Hasil Belajar IPA, Bahasan Jenis-Jenis Gerak Benda, Model Cooperative Learningen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN JENIS-JENIS GERAK BENDA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS III.B SDN KEPATIHAN 03 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record