Show simple item record

dc.contributor.authorBinar Kurnia Prahani
dc.contributor.authorSupeno
dc.date.accessioned2014-03-27T07:17:53Z
dc.date.available2014-03-27T07:17:53Z
dc.date.issued2014-03-27
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56484
dc.descriptionSEMINAR NASIONAL MIPA DAN PMIPA I 31 Maret 2013 FKIP UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.description.abstractPenelitian ini fokus pada analisis miskonsepsi topik tekanan yang dialami oleh siswa SMA dan mahasiswa pendidikan fisika. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeteksi miskonsepsi yang terjadi pada siswa dan mahasiswa khususnya pada topik tekanan; 2) untuk mendeskripsikan penyebab terjadinya miskonsepsi; dan 3) untuk menjelaskan alternatif solusi remidiasi miskonsepsi pada topik tekanan oleh siswa dan mahasiswa. Subyek penelitian adalah mahasiswa Fisika FKIP Universitas Jember dan siswa di kelas X SMA Negeri Tanggul tahun ajaran 2012-2013. Miskonsepsi pada siswa dan mahasiswa dideteksi menggunakan tes dan wawancara dengan acuan dari diagram representasi tingkat keyakinan dan penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dan mahasiswa mengalami miskonsepsi dalam memaknai tekanan pada zat cair dan tekanan pada gas. Remidiasi miskonsepsi dapat dilakukan dengan demonstrasi, pengkontruksian konsep, keterampilan berpikir kritis sehingga dapat digunakan untuk mengevaluasi informasi baru atau situasi-situasi membenarkan konsep yang awalnya terjadi miskonsepsi. Alternatif lain adalah dengan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing yang membuat pembelajaran dan konsep akan lebih bermakna bagi siswa dan mahasiswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectmiskonsepsi; tekananen_US
dc.titleANALISIS MISKONSEPSI TOPIK TEKANAN PADA SISWA SMA DAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record