Show simple item record

dc.contributor.authorFitriyatus Sholeha
dc.date.accessioned2014-03-26T02:31:44Z
dc.date.available2014-03-26T02:31:44Z
dc.date.issued2014-03-26
dc.identifier.nimNIM090210402029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56366
dc.description.abstractPada hasil penelitian adanya prawacana di iklan obat majalah Intisari dibedakan menjadi dua jenis yaitu prawacana dramatisasi dan prawacana uraian. Prawacana dramatisasi cenderung lebih menarik perhatian dengan kata-kata yang banyak mengundang keingintahuan pembaca, sehingga pembaca merasa terkesan dan selanjutnya membaca isi wacana. Prawacana uraian cenderung lebih menjelaskan produk obat yang ditawarkan sehingga menambah kejelasan isi pada wacana. Hasil penelitian adanya persuasif ditemukan dua jenis persuasif yaitu persuasif khusus (spesifikasi produk) dan persuasif umum. Persuasif khusus (spesifikasi produk) berupa ajakan yang lebih menekankan pada produk obat yang ditawarkan, penulis mengajak pembaca untuk menggunakan produk obat yang ditawarkan apabila mengalami masalah yang sama dengan iklan. Persuasif umum berupa ajakan yang tidak menekankan untuk menggunakan produk obat yang ditawarkan. Isi dari persuasif ini biasanya mengajak pembaca untuk melakukan hidup sehat atau mengonsumsi makanan yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Hasil penelitian pada fungsi bahasa iklan yang terdapat dalam iklan obat di majalah Intisari terdapat fungsi informasi, fungsi persuasif, fungsi meneguhkan keputusan, fungsi mempercepat keputusan, dan fungsi membangun citra. Fungsi informasi bentuk wacana yang digunakan berupa deskripsi, bentuk wacana fungsi persuasif adalah menggunakan bentuk wacana persuasif, fungsi meneguhkan keputusan dan mempercepat keputusan mempunyai bentuk wacana argumentasi, dan fungsi membangn citra menggunakna bentuk wacana narasi. Hasil dan pembahasan dari penelitian karakteristik wacana iklan obat di majalah Intisari dapat dimanfaatkan sebagai alternatif materi menulis iklan untuk siswa SMA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210402029;
dc.subjectIklan Obat, Majalah Intisari, Materi Menulis Iklanen_US
dc.titleKARAKTERISTIK WACANA IKLAN OBAT DI MAJALAH INTISARI SEBAGAI ALTERNATIF MATERI MENULIS IKLAN UNTUK SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record