dc.description.abstract | Pelaksanaan penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pokok
bahasan energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV SDN Sumberlesung 04 berjalan
lancar dan sesuai rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil
belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui penerapan metode eksperimen
mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal
menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I,
persentase aktivitas siswa secara klasikal berada pada kategori aktif dengan
persentase 64,42%. Pada siklus II, persentase aktivitas siswa meningkat menjadi
75,19% dengan kategori aktif. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke
siklus II sebesar 10,77%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu rata-rata
hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 59,72 dan pada siklus II sebesar 70,09
sehingga mengalami peningkatan sebesar 10,37.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV pokok bahasan energi
panas dan bunyi di SDN Sumberlesung 04 Jember. Saran dari penelitian ini bagi guru
adalah diharapkan mampu menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA
sebagai inovasi pembelajaran baru dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa | en_US |