Show simple item record

dc.contributor.authorMaria Virginingsih
dc.date.accessioned2013-12-06T02:15:51Z
dc.date.available2013-12-06T02:15:51Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM060210301367
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5446
dc.description.abstractMinat merupakan kecenderungan individu yang mendasar untuk tekun dan bertingkah laku aktif terhadap benda, orang, aktivitas atau situasi yang digemari, bersifat menetap dan mendapat perhatian dari individu itu sehingga memberikan perasaan senang dan kecenderungan untuk mencari obyek yang disenangi itu yang dirasakan berguna bagi dirinya, sedangkan minat belajar dapat diartikan sebagai kecenderungan individu yang mendasar untuk tekun dan bertingkah laku aktif terhadap pelajaran yang disenangi, sehingga dia akan mencari lebih banyak informasi tentang pelajaran yang disenangi tersebut. Minat belajar pada siswa kelas VIII-F pada pelajaran IPS termasuk dalam kategori rendah, rendahnya minat tersebut ternyata berdampak pada hasil belajarnya. Guru sebagai tenaga pendidik harus mampu memecahkan permasalahan yang terjadi di kelas VIII-F, oleh karena itu peneliti bersama guru sepakat untuk menggunakan media Audio Visual untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Sub pokok bahasan yang akan menjadi bahan kajian adalah macam-macam pasar, karena materi tersebut memerlukan pemahaman sehingga dalam menjelaskan memerlukan contoh-contoh yang konkret. Dengan penggunaan media Audio Visual, materi tersebut akan lebih mudah dipahami siswa, sehingga timbul minat untuk mempelajari pelajaran, dan nantinya hasil belajar akan meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dalam pelaksanaannya terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 fase, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator minat belajar yang diobservasi antara lain; rasa senang terhadap pelajaran, perhatian, keinginan mencari sumber belajar, dan intensitas belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya peningkatan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan penggunaan media Audio Visual. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Balung di kelas VIII-F pada pelajaran IPS sub pokok bahasan macam-macam pasar. Pemilihan lokasi menggunakan metode purposive area, yaitu pemilihan tempat atau lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja dan ditentukan sendiri oleh peneliti. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode, observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan media audio visual, minat belajar siswa menjadi meningkat. Skor minat belajar siswa sebelum penerapan media audio visual sebesar 2,3, sedangkan skor minat belajar pada siklus I sebesar 3,0, dan pada siklus II 3,1. Minat belajar siswa terus mengalami peningkatan seiring dengan perbaikan cara mengajar guru. Selain itu hasil belajar siswa kelas VIII-F mengalami peningkatan setelah penggunaan media Audio Visual. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 67,6%, dan pada siklus II sebesar 79,4%. Persentase tersebut memberikan informasi bahwa hasil belajar kelas VIII-F dapat dikatakan terjadi ketuntasan. Peningkatan hasil belajar siswa seiring dengan peningkatan minat belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301367;
dc.subjectAudio Visual Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Kelas VIII-F SMP Negeri 2en_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Kelas VIII-F SMP Negeri 2 Balung Jember Tahun Ajaran 2010/2011 Pada Mata Pelajaran IPS Sub Pokok Bahasan Macam-Macam Pasar)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record