PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN SISWA DALAM MEMILIH PENDIDIKAN DI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
Pendidikan merupakan faktor pendukung yang memegang peranan disegala
sektor. Lembaga pendidikan harus mempunyai strategi khusus yang berbeda dengan
sekolah lain agar bisa menarik minat siswa untuk memilih sekolah tersebut. Besar
kecilnya kemampuan untuk memperoleh siswa tergantung dari penyampaian
informasi tentang sekolah yang bersangkutan, yang secara nyata terlihat dari strategi
bauran pemasaran jasa yang diterapkan oleh setiap sekolah.
Bauran pemasaran jasa merupakan suatu kegiatan unit usaha untuk memberikan
layanan atau menyampaikan jasa pendidikan bagi siswa dengan cara memuaskan.
Keputusan memilih oleh siswa dipengaruhi oleh strategi bauran pemasaran jasa yang
terdiri dari : produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, orang dan proses.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari bauran
pemasaran jasa (produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, orang, dan proses)
terhadap pengambilan keputusan siswa dalam memilih pendidikan di SMA
Muhammadyah 3 Jember, serta manakah faktor yang berpengaruh paling dominan
terhadap pengambilan keputusan siswa dalam memilih pendidikan tersebut. Metode
penentuan lokasi penelitian secara metode
purposive yaitu ditentukan secara sengaja
di SMA Muhammadyah 3 Jember. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini
adalah populasi sebanyak 88 siswa, sedangkan metode pengumpulan data
menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik secara
regresi linier berganda.
Hasil penelitian membuktikan bahwa bauran pemasaran jasa (produk, harga,
tempat, promosi, bukti fisik, orang dan proses) secara simultan mempunyai pengaruh
yang signifikan terhadap pengambilan keputusan siswa dalam memilih pendidikan di
SMA Muhammadyah 3 Jember. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F,
dimana F
hitung > Ftabel yaitu 43,61 > 2,13 dengan =0,05 > Sig F = 0,000 dan
koefisien determinasi (R
square) sebesar 0,792 atau 79,2 %. Secara parsial diperoleh
data bahwa variabel bukti fisik (X
5) mempunyai pengaruh yang paling dominan
terhadap pengambilan keputusan siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai hasil
uji t, yaitu X
1 = 3,083, X2 = 3,165, X3 = 2,562, X4 = 2,808, X5 = 3,213, X6 = 2,484,
dan X
7 = 3,140. Selain itu juga dapat dilihat melalui proporsi sumbangan dari
masing-masing variabel, yaitu produk sebesar 9,03%; harga sebesar 13,20%; tempat
sebesar 11,39%; promosi sebesar 10,49%; bukti fisik sebesar 15,23%; orang sebesar
7,73% dan proses sebesar 12,10%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pengaruh bauran
pemasaran jasa (produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, orang dan proses) dapat
memberikan kontribusi yang positif terhadap pengambilan keputusan siswa memilih
pendidikan. Hal itu dikarenakan dengan adanya strategi bauran pemasaran yang baik
maka siswa akan bersedia untuk memilih pendidikan di sekolah tersebut. Misalnya
dengan menawarkan produk yang menarik, harga yang ditetapkan terjangkau, tempat
yang strategis, promosi yang menarik, bukti fisik yang memadai, orang yang
berkompeten dan proses pelayanan jasa yang baik, kesemuanya itu sangat
berpengaruh terhadap keputusan siswa untuk memilih pendidikan.