Show simple item record

dc.contributor.authorErni Muslimah
dc.date.accessioned2013-12-05T12:09:46Z
dc.date.available2013-12-05T12:09:46Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM100210274027
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5187
dc.description.abstractPembelajaran matematika di SD pada umumnya masih menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu suatu model pembelajaran yang menitikberatkan pada guru sebagai subyek yang aktif dalam pembelajaran sedangkan siswa hanya sebagai pendengar materi saja (pasif). Hasil belajar matematika masih tergolong rendah yaitu hasil UASBN siswa setiap tahunnya belum mancapai 70% dari keseluruhan siswa yang mendapatkaan nilai 6,0. Salah satu Pembelajaran kooperatif yang menekankan pada kerjasama kelompok adalah STAD. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan pembelajaran yang berorientasi pada sikap dan perilaku bersama dalam bekerja atau membantu diantara sesama dalam kelompok kecil heterogen untuk mendiskusikan serta memecahkan masalah bersama-sama. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V Semester II SDN Rowotamtu 03 Kecamatan Rambipuji tahun pelajaran 2011-2012, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun datar setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas V SDN Rowotamtu 03 Kecamatan Rambipuji tahun pelajaran 2011-2012 Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rowotamtu 03 dengan subyek penelitian siswa kelas V yang terurai dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase aktivitas siswa sebesar 70,61% yang tergolong cukup aktif dan persentase ketuntasan belajar sebesar 57,89% yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dalam hal ini persentase aktivitas belum mencapai 75% dan persentase ketuntasan hasil belajar belum mencapai 70%, sehingga perlu dilakukan perbaikan langkahlangkah pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II didapat rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 78,06% yang tergolong aktif dan persentase ketuntasan belajar hasil belajar sebesar 81,56% yang tergolong telah mencapai kentuntasan belajar secara klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Rowotamtu 03 Kecamatan Rambipuji.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274027;
dc.subjectHasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Sifat-sifat Bangun Dataren_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SDN ROWOTAMTU 03 KECAMATAN RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record