Show simple item record

dc.contributor.authorMuh Hasan Bisri M
dc.date.accessioned2013-12-05T07:23:07Z
dc.date.available2013-12-05T07:23:07Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210391023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4981
dc.description.abstractAkuntansi selama ini dianggap sebagai mata pelajaran yang rumit karena membutuhkan ketelitian dalam memahami materi, sedangkan alokasi waktu jam pelajaran akutansi sangat terbatas sehingga berdampak pada pembelajaran di kelas. Hal tersebut mengakibatkan kurangya interaksi antara guru dan siswa sehingga diperlukan suatu sikap kemadirian siswa dalam belajar dan gaya belajar yang sesuai dengan kondisi siswa. Dengan demikian kemandirian dan gaya belajar yang sesuai sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu kemandirian dan gaya belajar kinestetik. Permasalahan dalam penelitian ini yang pertama apakah kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik mempunyai pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahuan ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. Permasalahan yang kedua yaitu variabel, apakah diantara variabel kemandirian belajar dengan gaya belajar kinestetik yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahuan ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahun ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. 2) Mengetahui variabel kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahun ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN Ambulu Jember. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 54 sampel dengan pertimbangan viii bahwa jumlah tersebut sudah melebihi jumlah sampel minimal dalam penelitian (n = 30). Variabel yang diteliti adalah kemandirian (X ), gaya belajar kinestetik (X 2 ix 1 ), dan hasil belajar (Y). Pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh persamaan regresi Y=4,199+ 0,530X 1 + 0,963X 2 +e , sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil uji F atau simultan diperoleh F i hitung sebesar 27,513 dan F sebesar 3,18 maka (27,513 ≥ 3,18) yang berarti signifikan dan menerima hipotesis alternatif. Hasil pengujian secara parsial variabel kemandirian diperoleh t sebesar 2,936 dan t sebesar 2,835 dan t tabel tabel sebesar 2,00 dengan nilai signifikansi (2,936 ≥ 2,00), t sebesar 2,00 untuk variabel gaya belajr kinestetik dengan nilai signifikansi (2,835 ≥ 2,00), hal ini berarti hipotesis alternatif diterima. Koefisien determinan R2 sebesar 51,9%, sedangkan sisanya 48,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Besarnya kontribusi atau sumbangan secara parsial masing-masing adalah 26,50% untuk variabel kemandirian dan 25,42% untuk variabel gaya belajar kinestetik. Berdasarkan hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variable kemandirian (X1) merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap hasil belajar (Y).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210391023;
dc.subjectKemandirian, Gaya Belajar Kinestetik, Hasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH KEMANDIRIAN DAN GAYA BELAJAR KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN AMBULU MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA STANDAR KOMPETENSI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/ 2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record