ANALISIS KEKASARAN PERMUKAAN PADA PROSES SANDBLASTING DENGAN VARIASI SUDUT, JARAK, DAN BUTIRAN PASIR SILIKA PADA PELAT ST 37
Abstract
Sandblasting adalah suatu proses pembersihan permukaan dengan cara
menembakan partikel (pasir) ke suatu permukaan material sehingga menimbulkan
gesekan/tumbukan dengan tujuan untuk menghilangkan material-material
kontaminasi seperti karat, cat, garam, oli dll. Selain itu juga bertujuan untuk membuat
profile (kekasaran) pada permukaan metal sehingga cat lebih melekat. Tingkat
kekasarannya dapat disesuaikan dengan ukuran pasirnya serta tekanannya. Blasting
dapat dikategorikan sebagai surface treatment yang banyak diaplikasikan pada dunia
keteknikan seperti pada pembuatan kapal, tangki, maintenance system perpipaan,
maintenance peralatan/mesin-mesin fluida dan lain-lain.
Permasalahan yang diteliti adalah untuk mengetahui analisis variasi sudut,
jarak, dan butiran pasir silika terhadap nilai kekasaran permukaan baja St 37 pada
proses
sandblasting. Serta meramalkan setting parameter-parameter tersebut agar
dihasilkan nilai kekasaran yang baik. Metode yang dipakai untuk mencari pengaruh
parameter potong terhadap kekasaran permukaan adalah analisis regresi.
Dari variabel sudut penembakan, jarak penembakan, dan ukuran butiran pasir
dalam penelitian ini yang paling berpengaruh terhadap tingkat kekasaran benda kerja
adalah jarak penembakan, hal ini mengacu pada uji statistik yang menghasilkan Ra
paling tinggi terdapat pada jarak penembakan. Nilai kekasaran paling tinggi yaitu
pada variabel sudut penembakan 60
0
, jarak penembakan 45cm, dan ukuran butiran
pasir 18mesh dengan nilai kekasaran sebesar 7.591µm sedangkan nilai terendah yang
terjadi pada variabel sudut penembakan 60
xiii
0
, jarak penembakan 45cm, dan ukuran
butiran pasir 40mesh dengan nilai kekasaran sebesar 3.025µm.
Nilai R Square sebesar 0.893 atau 89,3%. Hal ini menunjukkan bahwa
persentase pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 89,3 %.
Sedangkan sisanya 10,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan
dalam model penelitian ini.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4097]