Show simple item record

dc.contributor.authorFerirur Rahman
dc.date.accessioned2013-12-05T03:26:36Z
dc.date.available2013-12-05T03:26:36Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM090210302025
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4557
dc.description.abstractSalah satu masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran sejarah yaitu metode inquiri. Metode inquiri merupakan metode pembelajaran yang menerapkan lima langkah dasar yaitu merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis berdasarkan data yang diperoleh, merumuskan kesimpulan. Melalui metode inquiri, siswa mengalami proses menemukan sendiri dalam proses pembelajaran dengan harapan apa yang di alami siswa dapat membekas di ingatan siswa. Permasalahan dalam penelitian ini: Tujuan penelitian ini: vii semester genap tahun pelajaran 2012/2013; Penelitian ini dilaksanakan di SMA Rambipuji Jember, dengan subyek penelitian siswa kelas X 5 semester genap 2012/2013. Diambil data mulai 11 Februari sampai dengan 22 April 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Analisis data yang digunakan adalah aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian persentase klasikal aktivitas siswa pada saat proses inquiri pada siklus I mencapai 75%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,5%, sedangkan aktivitas siswa pada saat presentasi pada siklus I mencapai 70,6% pada siklus II meningkat menjadi 80%. Ketuntasan hasil belajar yang dicapai pada siklus I adalah 77,7% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,3% dan karakter siswa pada siklus I 76,8% maningkat pada siklus II 80,2%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran sejarah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas X 5 SMA Rambipuji Jember dengan implementasi metode inquiri. Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210302025;
dc.subjectMetode Inquirien_US
dc.titleIMPLEMENTASI METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA RAMBIPUJI JEMBER KELAS X 5 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record