Show simple item record

dc.contributor.authorAhmad Subur
dc.date.accessioned2013-12-05T02:57:13Z
dc.date.available2013-12-05T02:57:13Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM070210204046
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4487
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining yang dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa dan meningkatan kemampuan membaca puisi siswa kelas IV SDN 03 Slawu Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahap tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dengan menggunakan tekhik observasi, tes,dan wawancara Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 30 Mei 2011 sampai dengan tanggal 2 Juni 2011 dengan jumlah siswa 211 yang terdiri dari 11 perempuan dan 10 laki-laki.Berdasarkan hasil observasi Pada siklus I mengalami peningkatan dibanding tes awal sebesar 52,38% dan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 80,95 dari hasil tes siklus I. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Proses penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas IV SDN 03 Slawu Kecamatan Patrang Kabupaten Jember karena tema puisi disesuaikan dengan suasana dan kondisi anak (2) Hasil belajar siswa pembelajaran membca puisi dapat ditingkatkan melalui model pembelajaean koopertif student Facilitator and Explaining apabila tema puisi disesuaikan dengan suasana dan kondisi anak dalam mengikuti pembelajaran. Adapun saran dalam penelitian yakni memahami, mengetahui dan menerapkan model pembelajaran ini dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe lainnya karena dapat memberikan pengaruh trerhadap pembelajaran yang dilakukan serta dapat menjadi perbandingan yang efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204046;
dc.subjectKemampuan Membaca Puisi, Tipe Student Facilitator and Explainingen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS IV SDN 03 SLAWU KABUPATEN JEMBER MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAININGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record