Analisis Variabel Kesulitan Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal-soal Ayat Jurnal Penyesuaian (Pada Siswa IPS Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013)
Abstract
Keberhasilan siswa IPS kelas XI MAN 2 Jember dalam mengerjakan soal ayat jurnal
penyesuaian dapat dikatakan masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh rendahnya nilai rata-rata
ulangan harian materi ayat jurnal penyesuaian. Rendahnya nilai siswa ini disebabkan karena
adanya kesulitan belajar siswa dalam mengerjakan soal ayat jurnal penyesuaian yang
disebabkan oleh pemahaman siswa terhadap materi ayat jurnal penyesuaian, ketelitian siswa
dalam mengerjakan soal ayat jurnal penyesuaian, minat siswa terhadap materi ayat jurnal
penyesuain, cara belajar siswa dalam pelajaran akuntansi dan soal buatan guru. Penelitian ini
bertujuan untuk menjelaskan variabel kesulitan siswa dalam mengerjakan soal ayat jurnal
penyesuaian.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive area. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode wawancara, metode
observasi dan metode dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian berupa kutipan-kutipan data untuk memberikan gambaran dan
fenomena yang ada dilapangan tentang kesulitan belajar siswa dalam mengerjakan soal ayat
jurnal penyesuaian pada siswa IPS kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Semester
ganjil tahun ajaran 2012/2013.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesulitan yang dihadapi
siswa IPS kelas XI di MAN 2 Jember dalam mengerjakan soal ayat jurnal penyesuaian. 2 dari
7 subyek penelitian memiliki pemahaman yang tinggi terhadap materi ayat jurnal
penyesuaian, 1 dari 7 subyek penelitian memiliki pemahaman yang sedang terhadap materi
viii
ayat jurnal penyesuaian, dan 4 dari 7 subjek penelitian memiliki pemahaman yang rendah
terhadap materi ayat jurnal penyesuaian. 1 dari 7 subyek penelitian memiliki ketelitian yang
tinggi dalam mengerjakan soal ayat jurnal penyesuaian, 1 dari 7 subyek penelitian memiliki
ketelitian yang sedang dalam mengerjakan soal ayat jurnal penyesuaian dan 5 dari 7 subyek
penelitian memiliki ketelitian yang rendah dalam mengerjakan soal ayat jurnal penyesuaian. 1
dari 7 subyek penelitian memiliki minat yang tinggi terhadap materi ayat jurnal penyesuaian,
2 dari 7 subyek penelitian memiliki minat yang terhadap materi ayat jurnal penyesuaian dan 5
dari 7 subyek penelitian memiliki minat yang rendah terhadap materi ayat jurnal penyesuaian.
Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa memiliki minat
yang rendah terhadap materi ayat jurnal penyesuaian. 3 dari 7 subyek penelitian memiliki cara
belajar yang tinggi dalam pelajaran akuntansi, 1 dari 7 subyek penelitian memiliki cara belajar
yang tinggi dalam pelajaran akuntansi dan 3 dari 7 subyek penelitian memiliki cara belajar
yang tinggi dalam pelajaran akuntansi.