IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN ISLAM TERPADU BUAH HATI KITA KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Karakter adalah hal yang penting dan mendasar serta merupakan cerminan
dari kepribadian manusia secara utuh. Pendidikan karakter hendaknya dimulai dari
usia dini, sebab menjadi manusia berkarakter tidak secara otomatis dimiliki oleh
setiap manusia begitu ia dilahirkan, tetapi memerlukan proses panjang melalui
pengasuhan dan pendidikan. Usia dini adalah usia ketika seorang anak memasuki
masa keemasan atau usia golden age karena pada usia ini anak memasuki masa kritis
dalam tahap perkembangan hidup. Penelitian ini menemukan masalah bagaimana
implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di Kelompok Bermain Islam
Terpadu Buah Hati Kita.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan
karakter pada anak usia dini di Kelompok Bermain Islam Terpadu Buah Hati Kita
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini
dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan serta sumbangan pikiran dalam
meningkatkan dan menerapkan pendidikan karakter meliputi aspek religius, mandiri,
jujur, peduli lingkungan, disiplin, dan tanggung jawab sehingga dapat berjalan sesuai
yang diharapkan
Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif karena
penelitian ini tidak dimaksudkan untuk membandingkan atau menghubungkan dua
variable tertentu, melainkan untuk mengetahui bagaimanakah implementasi
pendidikan karakter pada anak usia dini. Daerah atau tempat penelitian di Kelompok
Bermain Islam Terpadu Buah Hati Kita Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember,
viii
ditetapkan menggunakan metode purposive sampling dengan tujuan menetapkan
lokasi yang dianggap relevan dengan tujuan penelitian. Informan kunci pada
penelitian ini yaitu dua orang pendidik tetap di KBIT Buah Hati Kita dan informan
pendukung yaitu kepala sekolah dan orang tua peserta didik. Metode yang digunakan
dalam memperoleh data pada penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Informasi yang diperoleh dari hasil wawancara dengan
informan kunci dicocokkan dengan hasil observasi maupun hasil wawancara dengan
informan pendukung demi mendapatkan data yang valid.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah Kelompok Bermain Islam Terpadu
Buah Hati Kita telah mampu menerapkan dan menanamkan pendidikan karakter
melalui bercerita serta membiasakan anak usia dini untuk melakukan aktivitas yang
mengandung nilai karakter religius, mandiri, jujur, peduli lingkungan, disiplin, dan
tanggung jawab. Hal ini ditandai dengan kemajuan perkembangan karakter peserta
didik jika dibandingkan ketika awal memasuki pembelajaran disekolah dengan
setelah mengikuti pembelajaran selama ini. seperti kemampuan dalam membaca doadoa,
shalat,
mengaji,
makan
dan
minum
sendiri,
membuang
sampah
ditempat
sampah,
datang
tepat
waktu,
dan
merapikan
mainan
yang
selesai
digunakan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi
pendidikan karakter di Kelompok Bermain Islam Terpadu Buah Hati Kita diterapkan
dengan cara bercerita, sementara dalam prakteknya pendidikan karakter anak usia
dini diterapkan dengan cara membiasakan peserta didik agar memiliki kebiasaan baik
sehingga menjadi karakternya. Saran dari peneliti adalah agar keluarga utamanya
orang tua lebih terlibat dalam penerapan pendidikan karakter mengingat keluarga
sebagai wahana untuk mendidik, mengasuh, dan mesosialisasikan anak yang utama.