PEMBENTUKAN SEMBILAN PILAR KARAKTER SISWA KELAS VII SMP PLUS AL MUBARAK JEMBER MELALUI PEMBELAJARAN OPERASI BILANGAN BULAT BERBASIS LESSON STUDY
Abstract
Pemerintah telah mencanangkan bahwa pendidikan di Indonesia diarahkan untuk
mengembangkan karakter peserta didik baik di tingkat pendidikan dasar, pendidikan
menengah ataupun pendidikan tinggi. Akan tetapi pada kenyataannya, masih banyak
pembelajaran di pendidikan menengah yang belum memfokuskan pada pengembangan
karakter anak. Hal ini terjadi juga pada kegiatan belajar mengajar matematika di SMP
Plus Al Mubarak Jember. Sehingga perilaku negatif dari siswa di SMP Al Mubarak
Jember tetap terjadi, misalkan ketika pembelajaran matematika berlangsung kegiatan
mencotek pada saat ujian, penggunaan bahasa dan kata yang tidak sopan, serta
ketidakpercayaan diri dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan.
Bilangan bulat merupakan materi dasar dalam matematika, sehingga diharapkan
dari kegiatan belajar bilangan bulat berbasis lesson study mampu membentuk sembilan
pilar karakter anak yaitu :1) Cinta Tuhan dan ciptaan-Nya, 2) Kemandirian dan Tanggung
jawab, 3) Kejujuran/Amanah dan Bijaksana, 4) Hormat dan santun, 5) Dermawan, suka
Menolong, dan Gotong Royong, 6) Percaya Diri, Kreatif, dan Pekerja Keras, 7)
Kepemimpinan dan Keadilan, 8) Baik dan Rendah Hati, serta 9) Toleransi, Kedamaian,
dan Kesatuan.
Subyek dalam penelitian ini adalah 30 siswa keas VII SMP Plus AL Mubarak
Jember Semester Gasal 2012/2013. Penerapan lesson study pada KBM ini dilakukan
sebanyak 2 siklus dengan setiap siklusnya dilakukan pada satu pertemuan. Pelaksanaan
Lesson Study untuk sub pokok bahasan operasi bilangan bulat ini melibatkan seorang
guru sebagai guru model, satu orang dosen dan dua orang guru sebagai observer, dan
satu karyawan sebagai pengambil gambar selama KBM. Observer tersebut mengamati
sembilan pilar karakter anak yang muncul ketika proses KBM berlangsung. Setiap
observer mengamati dua kelompok dengan setiap kelompok terdapat lima siswa.
Pada siklus pertama, tujuan yang ingin dicapai setelah siswa belajar penjumlahan
dan pengurangan bilangan bulat masih jauh dari harapan. Akan tetapi pada siklus kedua,
tujuan yang kan dicapai sudah terwujud yaitu pada diri 25 siswa mulai muncul sembilan
pilar karakter anak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah yang digunakan
dalam kegiatan lesson study ini dapat diterapkan untuk membentuk sembilan pilar
karakter anak pada siswa kelas VII SMP Plus AL Mubarak jember.