Show simple item record

dc.contributor.authorAgus Sugiyarto
dc.date.accessioned2013-12-03T08:01:57Z
dc.date.available2013-12-03T08:01:57Z
dc.date.issued2013-12-03
dc.identifier.nimNIM080810201117
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3118
dc.description.abstractMenghadapi persaingan yang semakin ketat dan membanjirnya produk sejenis di pasaran mengharuskan perusahaan harus dapat mengetahui dan memahami kebutuhan, keinginan dan kemauan pasar. PT HM Sampoerna Cabang Jember merupakan salah satu cabang dari produsen rokok PT HM Sampoerna Tbk yang memiliki area pemasaran di seluruh Karisidenan Besuki. Produsen ini memproduksi produk rokok yang salah satu diantaranya adalah jenis low tar low nikotin (LTLN) yaitu produk rokok merk “A Mild” dan “U Mild”. Persaingan pasar rokok jenis Mild (LTLN) juga sudah lama diramaikan oleh empat besar perusahaan rokok yakni PT Gudang Garam, PT BAT, PT Djarum dan PT Nojorono. Semakin ketatnya persaingan usaha di bidang rokok mild (LTLN) serta permintaan konsumen yang dinamis mendorong masing-masing perusahaan untuk menganalisis program alternatif strategi pemasaran yang paling baik untuk digunakan sebagai langkah kebijakan dalam mencapai tujuan perusahaan.Salah satu cara menganalisis strategi perusahaan adalah dengan matrik pertumbuhan atau bagian pasar (growth/share matrix) yang di rintis oleh Boston Consulting Group (BCG). Mencermati hal tersebut maka dalam skripsi ini peneliti akan mencoba membuat formulasi strategi pemasaran berdasarkan portofolio produk dengan analisis BCG tersebut dengan objek penelitian di PT HM Sampoerna Cabang Jember.Tujuan dari penelitian ini adalah Menentukan strategi pemasaran masingmasing produk rokok jenis low tar low nikotin dari PT HM Sampoerna Cabang Jember berdasarkan analisis matrik Boston Consulting Group (BCG). Pada penelitian ini sampel yang di gunakan dalam penentuan strategi pemasaran berdasarkan matrik Boston Consulting Group (BCG) adalah data penjualan rokok jenis low tar low nikotin perusahaan tahun 2009 – 2011 dari PT HM Sampoernayaitu “A Mild” dan “U Mild” serta data penjualan empat perusahaan pesaing yang meliputi area pemasaran jember dalam satuan batang ( in stick). Metode analisis data yang digunakan adalah trend sekuler non linier dengan trend kuadratik untuk mengetahui tingkat pertumbuhan produk dan tingkat pertumbuhan permintaan industri . Penggunaan trend sekuler non linier ini didasari oleh data yang di hitung tahunan dan nilai skala Y yang dimiliki rasio perubahannya konstan sehingga dalam jangka panjang trend linier umumnya berkecenderungan agak mendatar. Hasil penelitian yang didasarkan pada teori matrik Boston Consultingn Group (BCG) menunjukan posisi persaingan antara produk “A Mild” PT HM Sampoerna Cabang Jember dengan produk “L.A Light” PT Djarum menunjukan bahwa posisi portofolio produk berada pada posisi Cash Cow yaitu berada pada kuadran III,dengan pertumbuhan pasarnya yang kurang dari 10% yaitu 0,34% dan memiliki pangsa pasar relatif lebih dari 1x yaitu 1,2x dengan demikian PT HM Sampoerna Cabang Jember tidak perlu membiayai pengembangan kapasitas karena pertumbuhan produk “A Mild” melambat. Sedangkan Posisi persaingan antara produk “U Mild” PT HM Sampoerna Cabang Jember dengan produk “L.A Light” PT Djarum menunjukan bahwa posisi portofolio produk berada pada posisi Dog yaitu berada pada kuadran IV,dengan pertumbuhan pasarnya yang lebih rendah dari 10% yaitu 0,38% dan memiliki pangsa pasar relatif kurang dari 1x yaitu 0,1x.Umumnya pada posisi produk pada kuadran IV memiliki keuntungan yang relatif rendah bahkan rugi walaupun menghasilkan laba juga pada posisi ini membutuhkan uang yang banyak serta waktu pengembangan tertentu untuk memperthanakan produk tersebut. Hasil penelitian ini apabila di bandingkan dengan analisis BCG sejalan terbukti produk “A Mild” dari PT HM Sampoerna masih menjadi pemimpin pasar dari persaingan produk rokok jenis low tar low nikotin dengan penjualan tertinggi di wilayah pemasaran jember di bandingkan dengan kompetitornya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080810201117;
dc.subjectStrategi Pemasaranen_US
dc.titleAPLIKASI ANALISIS BCG UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN PORTOFOLIO PRODUK ROKOK “A MILD” DAN “U MILD” PADA PT HM SAMPOERNA CABANG JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record