Show simple item record

dc.contributor.authorNur Lailatul Fitria
dc.date.accessioned2013-12-03T07:49:07Z
dc.date.available2013-12-03T07:49:07Z
dc.date.issued2013-12-03
dc.identifier.nimNIM090210204026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3088
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas VA SDN Ajung 03, diketahui motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tergolong rendah. Dimana dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa persentase motivasi siswa sebesar 54,9% dan persentase ketuntasan belajar siswa hanya 50%. Sebenarnya guru sudah melakukan kegiatan pembelajaran IPS menggunakan beberapa pendekatan. Akan tetapi penerapannya kurang begitu optimal. Keadaan ini membuat siswa tidak antusias dalam belajar. Siswa terlihat ramai sendiri dan bosan ketika kegiatan pembelajaran IPS berlangsung. Kurangnya perhatian dan motivasi siswa terhadap pembelajaran menyebabkan hasil belajar siswa menurun. Salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Selecting, Organizing and Integrating (SOI) menggunakan peta konsep. Model ini menuntut siswa mengkronstruksi pengetahuannya sendiri dari berbagai informasi yang dia dapat. Informasi tersebut dipilih untuk dikelompokkan dalam kerja memorinya dan dihubungkan dengan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya maka akan terbentuk pengetahuan baru. Berdasarkan permasalahan tersebut diperoleh rumusan masalah, yaitu bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran SOI menggunakan peta konsep pada siswa kelas VA SDN Ajung 03 Ajung-Jember Tahun Pelajaran 2012/2013 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran SOI menggunakan peta konsep pada siswa kelas VA SDN Ajung vii 03 Ajung-Jember Tahun Pelajaran 2012/2013 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VA SDN Ajung 03 Ajung-Jember dengan jumlah siswa 38 yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Sumber data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VA SDN Ajung 03. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dimana masing-masing siklus terdapat satu pertemuan pembelajaran dan satu pertemuan sebagai tes akhir. Pada siklus 1 diperoleh persentase motivasi sebesar 68,3% termasuk dalam kategori cukup. Sementara persentase hasil belajar siswa sebesar 65,8% masih termasuk kategori kurang. Oleh karena itu dilanjutkan pada siklus 2, diketahui persentasi motivasi dan hasil belajar siswa mengalami kenaikan. Persentase motivasi belajar siswa menjadi sebesar 76,2% termasuk kategori cukup. Sedangkan persentase hasil belajar siswa sebesar 81,6% termasuk kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Selecting, Organizing and Integrating menggunakan peta konsep dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Ajung 03 Tahun Pelajaran 2012-2013. Saran yang diberikan peneliti adalah bila model pembelajaran SOI menggunakan peta konsep diterapkan dalam pembelajaran IPS, maka guru hendaknya lebih memperhatikan siswa, media peta konsep dan menguasai materi-materi yang akan disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik. Sedangkan bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan hingga pada akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi banyak orang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204026;
dc.subjectPeta Konsepen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELECTING, ORGANIZING AND INTEGRATING MENGGUNAKAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VA SDN AJUNG 03 AJUNG-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012-2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record