Show simple item record

dc.contributor.authorMinarni
dc.date.accessioned2014-01-29T08:05:39Z
dc.date.available2014-01-29T08:05:39Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM070210204044
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27111
dc.description.abstractBerdasarkan observasi awal, selama mengikuti pembelajaran menentukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif siswa kelas IV banyak mengalami kesulitan dalam menentukan ide pokok paragraf. Jumlah siswa sebanyak 40, terdapat 22 siswa yang belum mengalami ketuntasan belajar individual, dan saat diberi pelajaran membaca siswa tampak kurang berminat dan tertarik dengan bacaan yang disajikan. Penyebab dari permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran guru lebih sering menfokuskan untuk menjelaskan pengertian ide pokok paragraf dengan metode ceramah, lalu menyuruh siswa untuk mengerjakan tugas yang ada di buku sumber tanpa menjelaskan langkah- langkah mencari dan menentukan ide pokok paragraf. Untuk melakukan perbaikan pembelajaran dalam menentukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif, maka diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) . Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) yang dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV dan bagaimanakah hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Baratan 01 setelah mengikuti pembelajaran menentukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Adapun tujuannya yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menentukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Baratan 01 Jember pada semester genap. Subjek penelitian yang diambil yaitu seluruh s iswa kelas IV SD Negeri Baratan 01 Jember 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas guru selama pembelajaran, hasil tes, hasil wawancara, dan dokumen-dokumen lainnya yang mendukung penelitian. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD meliputi: pembagian kelompok, presentasi kelas, perkembangan skor individu, kuis dan reward/ penghargaan. Dalam pembelajaran menentukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terlihat adanya suatu peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada tahap prasiklus sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ketuntasan belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 45%. Pada siklus 1 ketuntasan klasikal yaitu sebesar 65% dan pada siklus 2 ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 80%. Pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum tercapai maka pembelajaran dilanjutkan pada siklus 2. Setelah siklus 2 dilaksanakan, ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai minimal 70% sehingga penelitian hanya dilakukan sebanyak 2 siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif pada siswa kelas VI SD Negeri Baratan 01 Jember dapat membuat siswa aktif dan antusias dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan bekerjasama antar sesama anggota kelompok, dan Persentase hasil belajar siswa secara individu maupun klasikal dalam mengikuti pembelajaran menentukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan dari tahap prasiklus, siklus I dan siklus II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204044;
dc.subjectPenerapan, Model, Pembelajaran Kooperatif, tipe STADen_US
dc.titlePenerapan Model Pe mbelajaran Kooperatif tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Membaca Intensif Pada Sis wa Kelas IV SDN Baratan 01 Jembe r Tahun Pelajaran 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record