Show simple item record

dc.contributor.authorBodi Gunawan
dc.date.accessioned2014-01-28T02:13:36Z
dc.date.available2014-01-28T02:13:36Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM060210102345
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26009
dc.description.abstractBerdasarkan data observasi awal yang dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2010 di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Pujer, ketuntasan hasil belajar fisika siswa rendah. Data ulangan harian kelas VIII A dari 39 siswa 23 siswa atau lebih 58,97% siswa di SMP Negeri 1 Pujer kelas VIII A tidak menyimak penjelasan. Selain itu siswa yang benar-benar mencatat materi yang disampaikan oleh guru hanya sekitar 12,82 % atau sekitar 5 siswa. Begitu pula saat guru bertanya hanya sekitar 20,51% atau 8 orang yang menjawab atau menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hasil observasi tersebut menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa sangat rendah pada proses pembelajaran fisika di kelas. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui strategi pembelajaran everyone is a teacher here. Strategi pembelajaran ini merupakan salah satu tipe dari strategi pembelajaran aktif. Strategi pembelajaran aktif adalah segala bentuk pembelajaran yang memungkinkan siswa berperan secara aktif dalam proses pembelajaran itu sendiri baik dalam bentuk interaksi antar siswa maupun siswa dengan pengajar dalam proses pembelajaran tersebut. Strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here adalah strategi pembelajaran aktif dimana akan memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk bertindak sebagai “pengajar” terhadap peserta didik yang lain. Strategi pembelajaran aktif tipe ini memiliki tiga tahapan dasar yaitu pembagian kartu indeks kepada siswa, penyusunan pertanyaan di kartu indeks oleh siswa, dan yang terakhir siswa bermain peran menjadi berperan menjadi nara sumber dengan jalan menjawab pertanyaan pada kartu indeks tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VIII A SMP Negeri 1 Pujer tahun ajaran 2010-2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasiwawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan skor aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa pada prasiklus, siklus 1, Siklus 2, dan siklus 3, serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran fisika di kelas VIII A SMP Negeri 1 Pujer pada tiap siklusnya. Pada pra siklus aktivitas siswa secara klasikal sebesar 20,17 % yang termasuk dalam kriteria kurang aktif. Pada siklus 1 aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 34,87%. yaitu dari 20,17% menjadi 55,04% yang termasuk dalam sedang. Pada siklus 2 aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 5,99% dari 55,04% menjadi 61,03% persentase tersebut termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus 3 aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 2,73% dari 55,04% menjadi 63,16% persentase tersebut termasuk dalam kriteria aktif. Aktivitas siswa dapat meningkat karena, pada strategi pembelajaran yang digunkan dalam pembelajaran ini yaitu strategi everyone is a teacher here mampu memicu siswa untuk aktif bertanya, menjawab, bekerja kelompok, dan memgemukakan pendapat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210102345;
dc.subjectEVERYONE IS A TEACHER HEREen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 PUJER TAHUN AJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record