Show simple item record

dc.contributor.authorUMUL HIDAYATI
dc.date.accessioned2014-01-24T09:24:12Z
dc.date.available2014-01-24T09:24:12Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080210274043
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23669
dc.description.abstractPada kenyataannya yang terjadi pada pembelajaran bahasa Indonesia terutamamenulis, tidak ditekankan pembelajaran menulis narasi dengan benar, dimana guru cenderung hanya menggunakan metode konvensional yang membuat siswa kurang memiliki wawasan dalam menulis karangan, sehingga kemampuan menulisnyapun tidak maksimal yang berakibat nilai tidak mencapai KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk memaparkan upaya meningkatkan kemampuan menulis wacana narasi melalui penerapan metode kunjungan lapangan dengan bantuan rekaman video digital pada siswa kelas IV SDN Jenggawah 02, 2) untuk meningkatkan kemampuan menulis wacana narasi melalui penerapan metode kunjungan lapangan dengan bantuan rekaman video digital pada siswa kelas IV SDN Jenggawah 02. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jenggawah 02 Kelas IV yang terdiri dari 59 siswa, 25 siswa laki-laki dan 34 siswa perempuan. Siswa dibagi manjadi 7 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskripsi kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 20 Pebruari 2011 sampai 2 Mei 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Jenggawah 02 Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa hasil nilai karangan, aktivitas siswa, dan aktivitas guru. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase kemampuan menulis narasi selama pembelajaran melalui penerapan metode kunjungan lapangan dengan bantuan rekaman video digital sangat mengalami peningkatan. Hasil dari siklus I menunjukkan ketuntasan siswa sebesar 69% dan siklus II ketuntasan siswa sebesar 88%. Dari hasil tersebut, terdapat siswa yang tidak tuntas sebesar 12% . Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar secara klaksikal adalah 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan kemampuan menulis wacana narasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan metode kunjungan lapangan dengan bantuan rekaman video digital pada pokok bahasan menyusun karangan dari suatu topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan dan penggunaan huruf kapital, hal ini dapat merangsang siswa untuk lebih kreatif dalam menemukan ide dan wawasan dalam mengarangen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274043;
dc.subjectMeningkatkan kemampuanen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA NARASI MELALUI PENERAPAN METODE KUNJUNGAN LAPANGAN DENGAN BANTUAN REKAMAN VIDEO DIGITAL PADA SISWA KELAS IV SDN JENGGAWAH 02en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record