Show simple item record

dc.contributor.authorRYO EKA DARMAWAN
dc.date.accessioned2014-01-24T06:31:16Z
dc.date.available2014-01-24T06:31:16Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM071910201069
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23536
dc.description.abstractKopi merupakan suatu minuman yang sangan digemari para anak muda hingga orang dewasa. Kopi juga biasanya dicampuri dengan susu itu juga tergantung selera sendiri – sendiri. Setiap orang juga memiliki selera yang berbeda – beda pada kopi dan susu juga kopi susu. Selera tersebut kadang ada yang manis, pahit dan yang sedang – sedang saja. Kebanyaan pembuatan minuman kopi, susu dan kopi susu tersebut masih banyak yang manual dan itu memerlukan waktu yang cukup lama. Cara tersebut saya rasa kurang efektif dan efisien, karena dapat menyebabkan terjadinya pemborosan tenaga dan juga waktu. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan suatu sistem yang dapat membuat minuman yang diinginkan serta dapat bekerja secara otomatis. Oleh karena itu, dengan menerapkan Fuzzy Logic Controller diharapkan dapat menjadi solusi sistem yang diinginkan. Logika fuzzy merupakan suatu logika yang lebih dekat dengan cara berpikir manusia. Kalau pada himpunan crisp, nilai keanggotaan hanya ada 2 kemungkinan yaitu 0 dan 1. Pada nilai fuzzy, nilai keanggotaan terletak pada rentan 0-1. Logika fuzzy bekerja dengan mengubah variabel kontrol (cepat atau lambat, panas dan dingin) ke dalam tingkatan yang lebih halus (cukup cepat atau agak lambat, hangat atau sejuk) dengan derajat keanggotaan yang bervariasi. Berbeda dengan teori logika digital, dalam logika fuzzy, suatu kejadian tidak harus mutlak benar atau salah. Sebuah sistem logika fuzzy dapat mengurangi ketidakakuratan pada sistem klasik yang memiliki persyaratan keanggotaan yang membatasi nilai anggota-anggota himpunannya hanya pada 1 sampai 0 saja. Penelitian dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu pembuatan perangkat keras yang membantu kerja sistem, dan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan perangkat lunak untuk mengendalikan perangkat keras tersebut dalam melakukan pembuatan minuman kopi, susu dan juga kopi susu. Pembuatan perangkat keras dilakukan dengan membuat suatu model alat pemesanan minuman kopi, susu dan kopi susu. Di dalam alat tersebut terdapat 3 buah tabung yang sudah dimodifikasi dengan menambahkan motor washer dan sebuah tabung untuk pencampurannya. Sedangkan pembuatan perangkat lunak dilakukan dengan beberapa tahapan. Antara lain tahap inputan, penghitungan nilai error, fuzzifikasi, implementasi aturan fuzzy, dan juga proses defuzzifikasi, yang selanjutnya digunakan untuk menghidupkan piranti yang dipakai. Setelah pembuatan sistem dilakukan maka selanjutnya diadakan pengujian yang bertujuan mengukur seberapa efektif sistem dalam melakukan proses yang diinginkan. Pengujian dilakukan dengan cara menghitung waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu gelas dan banyaknya volume air dari tiap-tiap jenis minuman yang disediakan. Tapi dalam percobaan ini masih terjadi error. Tetapi error tersebut sangat sedikit yaitu sekitaran 1% - 1,5% saja. Akan tetapi error tersebut tidak begitu mempengaruhi hasil yang dibuat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries071910201069;
dc.subjectPerancangan Sistemen_US
dc.titlePERANCANGAN SISTEMPEMESANAN OTOMATIS KOPI, SUSU DAN KOPI SUSU MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGICen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record