Show simple item record

dc.contributor.authorANDHIKA WAHYUDIONO
dc.date.accessioned2014-01-24T06:25:52Z
dc.date.available2014-01-24T06:25:52Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM070210301109
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23529
dc.description.abstractProses pembelajaran untuk siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMK PGRI 05 Jember kurang menarik sehingga mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan metode dan media konvensional dalam pembelajaran ekonomi. Metode yang digunakan adalah ceramah disertai tugastugas dan media gambar sehingga pembelajaran ekonomi tidak mencapai tujuan pembelajaran. Perkembangan teknologi informasi dan komunikaasi juga mendorong pada perkembangan media pembelajaran yang digunakan guru. Salah satu media pembelajaran berbasis TI adalah media blog yang dapat digunakan untuk menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk gambar, video dan studi kasus. Kelebihan yang diberikan media blog juga sesuai dengan kebutuhan guru dalam menjelaskan materi ekonomi secara lebih uptodate. Tujuan penelitaan pengembangan ini adalah untuk mengetahui efektivitas, efisiensi dan daya tarik media blog dalam pembelajaran ekonomi kompetensi dasar permintaan dan penawaran di SMK PGRI 05 Jember .Spesifikasi produk belajar berupa manual media blog, bahan ajar dan bahan tes. Media blog yang dikembangakan perlu diujicoba baik secara terbatas maupun lebih luas.. Metode pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini yaitu metode tes, metode wawancara dan metode angket. Analisis data dalam penelitian pengembangan menggunakan t-test untuk mengetahui efektivitas media blog. Untuk mengetahui efsiensi media blog dengan wawancara dan untuk mengetahui kemenarikan media blog menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan media blog efektif dalam pembelajaran ekonomi ditunjukkan nilai t-hitung > t-tabel. Hasil penelitian menunjukkan media blog efisien dalam pembelajaran ekonomi yang ditunjukkan waktu dalam pembelajaran menjadi singkat. Hasil penelitian menunjukkan media blog menarik dalam pembelajaran ekonomi yang ditunjukkan dengan siswa menjadi termotivasi untuk mempelajari mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penilaian diatas dapat disimpulkan media blog tepat dan sesuai dalam pembelajaran ekonomi kompetensi dasar permintaan dan penawaran untuk siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMK PGRI 05 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301109;
dc.subjectPENGEMBANGAN MEDIA BLOG PADA MATA PELAJARAN EKONOMIen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA BLOG PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KOMPETENSI DASAR PERMINTAAN DAN PENAWARAN UNTUK SISWA KELAS X REKAYASA PERANGKAT LUNAK DI SMK PGRI 05 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record