Show simple item record

dc.contributor.authorRurut Kristina
dc.date.accessioned2014-01-24T03:17:22Z
dc.date.available2014-01-24T03:17:22Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM070210402079
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23133
dc.description.abstractPenerapan model pembelajaran eksplorasi kalimat pernyataan kritik pada artikel bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara kritis siswa kelas X4 SMA Negeri Balung. Hal ini dilakukan karena keterampilan berbicara siswa rendah. Dari 40 siswa, sebanyak 37 siswa atau 92,5% mendapatkan nilai ≤ 75, sehingga tidak memenuhi KKM Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ix dari empat tahap yaitu: Data pada penelitian ini berupa hasil pengamatan pada siswa dan guru saat proses penerapan model pembelajaran eksplorasi kalimat pernyataan kritik artikel, hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran eksplorasi kalimat pernyataan kritik artikel, dan hasil wawancara terhadap siswa serta guru.. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 40 siswa dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X4 SMA Negeri Balung. Hasil penelitian keterampilan berbicara kritis siswa kelas X4 SMA Negeri Balung setelah diterapkan model pembelajaran eksplorasi kalimat pernyataan kritik artikel mengalami peningkatan. Siswa yang mencapai ketuntasan hasil tes keterampilan berbicara dengan nilai ≥ 75 pada tahap prasiklus adalah 7,5% atau 3 siswa, tahap siklus I adalah 42,5% atau 17 siswa dari 40 siswa, dan tahap siklus II, sebanyak 32 siswa atau 80% . Simpulan yang diambil dari paparan hasil penelitian dan pembahasan adalah penerapan model pembelajaran eksplorasi kalimat pernyataan kritik artikel yang meningkatkan keterampilan berbicara kritis siswa kelas X4 SMA Negeri Balung berlangsung dengan tahap observasi, menemukan, mengaplikasikan, dan menyimpulkan. Keterampilan berbicara kritis mengalami peningkatan, yaitu pada prasiklus 7,5%, siklus I meningkat menjadi 42,5% siswa, dan siklus II meningkat lagi menjadi 80% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Selanjutnya saran yang dapat diberikan, yaitu 1)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210402079;
dc.subjectPeningkatan Keterampilaen_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EKSPLORASI KALIMAT PERNYATAAN KRITIK ARTIKEL PADA SISWAKELAS X4 SMA NEGERI BALUNGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record