Show simple item record

dc.contributor.authorSilvia Marganingtyas
dc.date.accessioned2014-01-24T02:00:17Z
dc.date.available2014-01-24T02:00:17Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM050910301158
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23087
dc.description.abstractTelah cukup banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengatasi masalah kemiskinan tersebut. Paling tidak dalam beberapa tahun terakhir ini dapat diketahui beberapa program kebijakan pemerintah terkait dengan hal tersebut di atas. Beberapa contoh program tersebut diantaranya adalah program beras untuk keluarga miskin (raskin) dalam bidang pangan, asuransi kesehatan keluarga miskin (askeskin) dalam bidang kesehatan, bantuan langsung tunai (BLT), serta pengembangan Usaha Kecil Menengah dalam bidang ekonomi. Salah satu Progam BLT yang diberikan pada masyarakat miskin dilaksanakan pada akhir tahun 2008 memberikan bantuan langsung tunai pada masyarakat miskin tanpa syarat. Progam penguatan Usaha kecil dan Menengah (UKM) saat ini tengah marak dilakukan karena penguatan usaha kecil dan sektor informal menjadi salah satu fokus dalam upaya kemiskinan. Usaha kecil dan menengah (UKM) mempunyai peran yang cukup besar dalam pembangunan ekonomi nasional, hal ini terlihat dari kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya. Usaha kecil dan menengah (UKM) mempunyai peran yang cukup besar dalam pembangunan ekonomi nasional, hal ini terlihat dari kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya. Pelaksanaan CSR atau corporate social Responsibility, sudah diatur dalam UU Nomar 40 Tahun 2007 tentang Perseroaan Tebatas dan Menurut undang-undang NO.19 Tahun 2003 yang merupkan ketentuan perundangan mengenai BUMN dikenal dua bentuk Badan Usaha Milik Negara yaitu perusahaan Perseroaan (Persero) dan perusahaan umum (perum). Dalam prateknya PT.Telkom adalah salah satu BUMN yang menjalankan Tanggungjawab social Perusahaan (CSR) yang diterapkan dalam progam Kemitraan. Progam kemitraan adalah progam yang bertujuan menciptakan kemandirian kepada usaha kecil. Salah satu UKM yang dibina adalah Industri kecil. Dalam pelaksanaannya progam kemitraan tersebut banyak mitra binaan PT.Telkom khususnya UKM industri kecil yang mengalami peningkatan usaha. Dengan adanya progam corpotrate soscial responsibility atau tanggungjawab perusahaan yang menjalankan penguatan usaha kecil dan menengah, maka bisa meningkatkan para UKMsalah satu perusahaan yang menjalankan tanggungjawab sosial perusahaan adalah PT.Telkom yang diterapkan dalam progam kemitraan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan program kemitraan PT. Telkom kadantel Jember dalam pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM). fokus penelitan ini terletak padat tahap assament. Tahapan perencanaan pengembangan usaha,tahapan pelaksanaan pengembangan usaha,serta hasil peningkatan usaha dari mitra binaan dari mitra binaan PT.Telkom. informan dalam peneltian ini 4 informan pokok dari dari staff dan karyawan CD Sub Jember serta 3 informan dari ukm industri kecil.sedangkan informan tambahannya adalah 2 orang dari pemberi materi pelatihan kepada mitra binaan.Penelitian ini terhitung dari bulan November 2009 sampai februari 2010. Lokasi penelitian adalah PT.Telkom Kadantel Jember. Sedangkan untuk menentukan informan digunakan teknik purposive. Pengumpulan data yang digunkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Progam yang dijalankan oleh PT.Telkom Kadantel Jmber dibawah naungan CD Sub area Jember, menggunkan konsep dari community Development. Dimana community development adalah kajian dari Ilmu kesejahteraan sosial yang berupaya untuk meningkatan taraf hidup masyarakat melalui pendayagunaan dan penekanan pada sumber yang ada pada diri mereka. Fokus penelitan ini terletak padat tahap assament, assament disini meliputi pengajuan proposal, pengisian formulir serta survey kepada calon mitra binaan PT.Telkom. Tahapan perencanaan pengembangan usaha,tahapan pelaksanaan pengembangan usaha meliputi sosialisasi, pencairan bantuan, pelatihan terhadap mitra UKM hinga pada evalusi,serta hasil peningkatan usaha dari mitra binaan dari mitra binaan PT.Telkom. Dalam menjalankan progam Kemitraan ini di badi dalam 4 triwulan. Dalam penelitian ini lebih ditekankan pada triwulan II tahun 2009. Obyek dari pelaksanaan progam Kemitraan pada PT.Telkom ada 4 bidang usaha UKM (Perdagangan, peternakan, industri kecil dan jasa). Sedangkan yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah Industri kecil. Pelaksanaan progam Kemitraan PT Telkom dibawahi oleh devisi Community Development Centre (CDC). Dimulai dari tahapan assesment yang dilakukan oleh pihak Telkom kepada calon Mitra Binaan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050910301158;
dc.subjectImplementasi Progam Kemitraanen_US
dc.titleImplementasi Progam Kemitraan Sebagai Wujud Corporate Social Responsibility (CSR) PT.Telkom Kadantel Jember (Study Deskriptif Proses Pelaksanaan Progam Kemitraan Pada UKM Industri Kecil di Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record