Show simple item record

dc.contributor.authorALFIAN NUR ALIFAN DINI
dc.date.accessioned2014-01-24T01:45:55Z
dc.date.available2014-01-24T01:45:55Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080210204042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23064
dc.description.abstractIlmu pengetahuan sosial di sekolah merupakan mata pelajaran yang memadukan konsep-konsep dasar dari berbagai ilmu sosial yang disusun melaluipendekatan pendidikan dan psikologis serta kelayakan dan kebermaknaannya bagisiswa dan kehidupannya. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus untuk mencapai http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id tujuan dari IPS. Pembelajaran IPS di sekolah dasar pada umumnya masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah. Berdasarkan hasilobservasi di SDN Karang Paiton jember, terdapat permasalahan yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV masih kurang memenuhi kriteria ketuntasan minimalyang telah ditetapkan oleh SDN Karang Paiton Jember. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ini adalah melalui model pembelajaran Kontekstual menggunakan media mainan dan kartu gambar topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS topik teknologi transportasimasa lalu dan masa kini melalui model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media mainan dan kartu gambar di SDN Karang Paiton Jembersemester dua tahun pelajaran 2011-2012?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPStopik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini melalui model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media mainan dan kartu gambar di SDN Karang Paiton Jember semester dua tahun pelajaran 2011-2012. Hipotesis pada penelitian ini adalah jika guru menerapkan model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media mainan dan kartu gambar pada mata pelajaran IPS topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini maka aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karang Paiton semester dua tahun pelajaran 2011/2012 akan meningkat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204042;
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPSen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS TOPIK TEKNOLOGI TRANSPORTASI MASA LALU DAN MASA KINI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MAINAN DAN KARTU GAMBAR DI SDN KARANG PAITON JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record