Show simple item record

dc.contributor.authorEni Mustiyaningsih
dc.date.accessioned2014-01-23T09:09:41Z
dc.date.available2014-01-23T09:09:41Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM040210402081
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22482
dc.description.abstractMempromosikan suatu produk merupakan salah satu keterampilan berbicara karena promosi yang dilakukan dalam skripsi ini adalah tatap muka langsung dengan konsumen (dirrect selling). Jadi berbicara merupakan hal paling penting di dalam melakukan promosi. Alasan mengkaji strategi retorik, diksi, gaya bahasa, kinesik dan okulesik dalam promosi produk rokok Sampoerna karena retorika bentuk verbal dan non-verbal yang digunakan oleh pramuniagawati dalam promosi produk rokok Sampoerna mempunyai pengaruh besar terhadap konsumen karena setiap kata dan sikap mampu menarik minat konsumen. Dipilihnya promosi produk rokok Sampoerna sebagai obyek penelitian didasarkan atas hasil observasi awal yaitu pada saat pramuniagawati mempromosikan produk rokok Sampoerna tersebut ditemukan retorika bentuk verbal dan non-verbal. Maka dari itu, pembahasan terdiri dari empat masalah yaitu: 1) bagaimanakah strategi retorik pramuniagawati dalam promosi produk rokok Sampoerna, 2) bagaimanakah penggunaan diksi dalam promosi produk rokok Sampoerna, 3) bagaimanakah penggunaan gaya bahasa pramuniagawati dalam promosi produk rokok Sampoerna, 4) bagaimanakah kinesik dan okulesik pramuniagawati dalam promosi produk rokok Sampoerna. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan strategi retorik pramuniagawati dalam promosi produk rokok Sampoerna, 2) mendeskripsikan penggunaan diksi pramuniagawati dalam promosi produk rokok Sampoerna, 3) mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa pramuniagawati dalam promosi produk rokok Sampoerna, 4) mendeskripsikan kinesik dan okulesik pramuniagawati dalam promosi produk rokok Sampoerna.Rancangan penelitian yang digunakan kualitatif. Jenis penelitiannya deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik rekam, simak catat, wawancara. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi retorik pramuniagawati dalam promosi produk rokok Sampoerna menggunakan tuturan yaitu menyapa dengan salam dan sapaan, perkenalan diri, menawarkan/mengenalkan produk, memberikan pertanyaan kepada konsumen, tawar-menawar produk, penyerahan barang, ucapan terima kasih. Penggunaan diksi meliputi penggunaan denotasi, konotasi, kata umum, kata khusus, kata ilmiah, dan kata populer. Sedangkan gaya bahasa yang digunakan meliputi gaya bahasa metafora, koreksio, dan epizeukis. Untuk data kinesik mayoritas data yang diperoleh dari masing-masing pramuniagawati sama, yaitu duduk di kursi dengan posisi paha merapat, memegang satu pack rokok dengan posisi rokok menghadap ke depan, seragam Sampoerna Hijau, memegang satu slop rokok dengan menggunakan kedua tangan, berdiri tegak dengan posisi kaki lurus, seragam Sampoerna PAS, memegang uang dan mengulurkan kepada konsumen, seragam A mild, jabat tangan kepatuhan, meletakkan tiga slop rokok di meja konsumen, kepala sedikit menunduk dan mengangguk, seragam U mild. Sedangkan untuk data okulesik data yang diperoleh adalah pandangan mata sayu, senyum sederhana, tertawa lebar, mata genit, senyum lebar. Saran yang dapat diberikan: 1) kepada pemerhati bahasa, disarankan agar dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk menambah wawasan dan pengetahuan kebahasaan, 2) guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, disarankan untuk dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai pengayaan materi berbicara, 3) bagi mahasiswa FKIP Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, hasil penelitian ini disarankankan agar dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan khususnya dalam mata kuliah retorika, 4) peneliti lain yang ingin mengadakan penelitian serupa, disarankan dapat mengembangkan penelitian yang lebih luas, yaitu meneliti cara retorik, diksi, gaya bahasa, kinesik maupun okulesik tetapi dengan objek yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210402081;
dc.subjectRetorika Bahasa Indonesia dalam Promosi Produken_US
dc.titleRETORIKA BAHASA INDONESIA DALAM PROMOSI PRODUK ROKOK SAMPOERNAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record