Search
Now showing items 1-10 of 30
Kemampuan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas IV SDN 1 Asembagus Tahun Pelajaran 2013/2014
(UNEJ, 2014)
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Asembagus dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas IV SDN 1
Asembagus dalam menulis surat pribadi. Berdasarkan data awal ditemukan ketidaktepatan siswa kelas IV SDN 1 ...
Meningkatkan Kemampuan Menyimak Intensif Unsur Cerita Melalui Media Audio Visual Siswa Kelas V SDN SumberLesung 04 Kecamatan Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2013-2014 (Improving the Fifth Grage Student's Intensife listening
(UNEJ, 2014)
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberlesung 04 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak
siswa kelas V melalui media audio visual. Hal ini dikarenakan di SDN Sumberlesung 04 Jember kemampuan ...
Penerapan Strategi Pembelajaran Belajar Tuntas (Mastery Learning)
(2015)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan
proses daur air. Penelitian ini dilakukan di SDN Pancakarya 01 kelas V Semester Ganjil tahun
ajaran 2012/2013 Jember menggunakan ...
Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan
(UNEJ, 2014)
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangrejo 05 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode karya wisata untuk siswa kelas V. Permasalahan yang menjadi latar belakang ...
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Siswa Kelas V c SDN Ajung 03
(UNEJ, 2014)
Pembelajaran dikatakan baik jika kondisi pembelajaran aktif dan hasil belajar yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan. Terdapat suatu hubungan atau keterkaitan antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa ...
Penerapan Model Cooperative Learning Tipe NHT untuk Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso Tentang Sub Bab Perubahan Wujud Benda
(UNEJ, 2016)
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dikarenakan siswa masih ...
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas II Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Peran Anggota Keluarga di SDN Kencong 03 Jember
(UNEJ, 2016)
Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match atau mencari pasangan dikembangkan oleh Lorna Curran pada tahun 1994. Model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dapat memupuk kerja sama siswa dalam ...
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Pkn Pokok Bahasan NKRI di SDN 01 Karangrejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)
Pembelajaran PKn menekankan siswa untuk berpartisipasi aktif, kreatif, dan inovatif dalam pembelajaran. Kurang bervariasinya model pembelajaran menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa kurang baik. Guru harus ...
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih sebatas pada buku teks dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember; dan meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar meliputi kegiatan apersepsi, menjelaskan materi, pengamatan, contoh cara membuat karangan deskripsi, latihan menulis karangan deskripsi, dan presentasi. Skor rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa secara klasikal menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Pada siklus I persentase kemampuan menulis karangan deskripsi siswa sebesar 71,58% dan meningkat menjadi 78,84% pada siklus II.
(UNEJ, 2016)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih ...
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Kemampuan Membaca Menemukan Pikiran Pokok Bacaan Siswa Kelas IV SDN Menampu 03 Jember
(UNEJ, 2016)
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau dampak dari suatu perlakuan (treatment) tertentu terhadap perubahan suatu kondisi atau keadaan tertentu. Penerapan model pembelajaran yang ...