Show simple item record

dc.contributor.authorYudha Sasmita Jonatha
dc.date.accessioned2014-01-23T06:23:37Z
dc.date.available2014-01-23T06:23:37Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM060210102264
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22283
dc.description.abstractKondisi pembelajaran fisika dalam realita di lapangan masih diajarkan melalui pembelajaran konvensional yang bersumber dari buku dan hanya mentransfer pengetahuan atau pikiran guru ke dalam pikiran siswa, sehingga rata-rata hasil belajar fisika siswa tergolong masih rendah. Model pembelajaran kooperatif dengan teknik SFAE dapat mendorong siswa untuk selalu aktif berpartisipasi, komunikatif, siswa dilatih untuk bekerja sama dalam memilih cara yang cocok digunakan untuk menjelaskan kepada temannya, siap mengemukakan pendapatnya sendiri secara obyektif maupun subjektif, menghargai pendapat orang lain dalam forum diskusi, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik SFAE dan menggunakan pembelajaran konvensional; (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik SFAE. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Probolinggo, yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII. Sampel ditentukan dengan menggunakan uji homogenitas dari nilai pre tes kelima kelas dan hasilnya homogen. Langkah selanjutnya yaitu melalui teknik pengundian untuk menentukan sampel penelitian, diperoleh 1 kelas sebagai kelas eksperimen yang menerima pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik SFAE yakni kelas VII E dan 1 kelas sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu kelas VII A. Desain penelitian ini menggunakan desain control group pre-test post-test. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumnetasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) uji taraf signifikansi perbedaan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembeljaran kooperatif dengan teknik SFAE dan hasil belajar fisika siswa menggunakan pembelajaran konvensional; (2) uji aktivitas siswa selama pembelajaran, berturut, turur menggunakan rumus : 𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡= 􀵫𝑀𝑀𝑥𝑥− 𝑀𝑀𝑦𝑦􀵯􀶨􁉆Σ𝑋𝑋2+ Σ𝑌𝑌2𝑁𝑁𝑥𝑥− 𝑁𝑁𝑦𝑦− 2􁉇􀵬1𝑁𝑁𝑥𝑥+ 1𝑁𝑁𝑦𝑦􀵰 ;𝑑𝑑𝑑𝑑𝑑𝑑 𝑃𝑃𝑎 = 𝐴𝐴𝑛 𝑥𝑥 100% Berdasarkan analisa data, diperoleh ttes > ttabel (5,55 > 2,00). Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik SFAE dan menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika. Dari analisis data hasil penelitian untuk uji aktivitas, didapatkan persentase aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik SFAE secara klasikal sebesar 82,37% yang termasuk pada criteria aktivitas siswa yang aktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik SFAE dan menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika kelas VII pada materi pokok pengukuran semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 di SMP Negeri 3 Probolinggo; (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik SFAE pada materi pengukuran kelas VII SMP Negeri 3 Probolinggo semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 termasuk dalam kategori aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210102264;
dc.subjectTeknik Student Facilitator And Explaining (SFAE)en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP (Studi Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Pengukuran Kelas VII SMP Negeri 3 Probolinggo Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record