Show simple item record

dc.contributor.authorEDWIN
dc.date.accessioned2014-01-23T05:33:00Z
dc.date.available2014-01-23T05:33:00Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22189
dc.description.abstractMenurunya aktivitas dan nilai hasil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: metode pembelajaran dan media pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional. Sehingga pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam pembelajaran IPS. Maka dari itu guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa metode pembelajaran. Metode dan media tersebut dapat mendekatkan IPS kepada siswa dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Penelitian ini rumusan masalahnya adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember.dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dengan mengunakan media gambar Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kebnsari 04 Kecamatan Sumbersari, dimulai pada tanggal 2 Januari 2011 sampai tanggal 10 Januarir 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IVA dengan jumlah siswa 49 siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengunaan media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember pada siklus I sampai siklus II. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 73,46% atau sebanyak 36 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 93,8% atau sebanyak 46 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Saran dalam penelitian ini adalah bagi peneliti lain metode pembelajaran dengan media gambar dapat digunakan guru sebagai variasi pembelajaran yang bisa dicobakan dalam mengajar sub pokok bahasan yang lain dan kelas yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries07021070204024;
dc.subjectAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS, POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRASPORTASI, MEDIA GAMBARen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRASPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 04 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record