Show simple item record

dc.contributor.authorHerleni
dc.date.accessioned2014-01-23T00:54:24Z
dc.date.available2014-01-23T00:54:24Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210204005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21567
dc.description.abstractPeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Gaya dengan Menggunakan Metode Eksperimen dan Media Benda Asli Di SD Negeri Jember Kidul 04 Jember Tahun Ajaran 2010/2011; Herleni, 070210204005; 2011; 64 halaman; Prohgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Permasalahan pendidikan siswa selalu muncul bersamaan dengan berkembang dan meningkatnya kemampuan siswa serta situasi dan kondisi lingkungan yang ada, dan cara pendekatan konvensional sudah dianggap kurang efektif yang menimbulkan kejenuhan dalam kelas, oleh karenanya guru dituntut untuk selalu dan terus berupaya dan terus memperbaiki pengolahan pembelajaran. Masalah yang ditemui di SDN Jember Kidul 04 yaitu kurang aktifnya siswa dalam belajar dan menyababkan hasil belajar yang kurang baik pula. Penggunaan metode eksperimen dan media benda asli dalam pembelajaran dapat membangkitkan minat siswa untuk belajar menemukan sendiri, bekerja sama dan mengkomunikasikan hasil belajarnya, anak-anak akan lebih mudah memahami konsep-konsep yang rumit dan abstrak jika disertai contoh yang konkret an untuk menanamkan sifat ilmiah dan melatih melakukan penyelidikan ilmiah baik secara individu atau secara kelompok dan mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan gaya dengan menggunakan metode eksperimen dan media benda asli di SD Negeri Jember Kidul 04 Jember Tahun Ajaran 2010/2011, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA pokok bahasan gaya dengan menggunakan metode eksperimen dan media benda asli di SD Negeri Jember Kidul 04 Jember Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jember Kidul 04 Jember kelas IV yang berjumlah dari 50 terdiri dari 26 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Pada siklus 1 siswa dibagi menjadi 10 kelompok secara heterogen dan pada siklus 2 dibagi vii lagi menjadi 16 kelompok dengan alasan pada siklus 1 jumlah kelompok cukup besar sehingga kondisinya cenderung ribut, tapi setelah pada siklus 2 dimana tediri dari 3-4 orang perkelompok kondisi pembelajarn berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, hasil tes, hasil wawancara, dan dokumen-dokumen lainnya yang mendukung penelitian. Dalam pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dan media benda asli pokok bahasan gaya terlihat adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aktivitas hasil tes dan siswa pada akhir pembelajaran siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 aktivitas siswa secara klasikal yaitu 64% dan pada kegiatan tes akhir ketuntasan klasikal yaitu sebesar 90% sedangkan pada siklus 2 aktivitas siswa secara klasikal 84% dan pada kegiatan tes akhir ketuntasan klasikal menjadi 100%. Berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa siklus 1 dan siklus 2 mengalami suatu peningkatan sebesar 20% pada aktivitas dan 10% pada hasil tes akhir. Pada siklus 1 aktivitas dan hasil belajar siswa sudah berhasil namun tetap dilanjutkan ke siklus 2 sebagai pemantapan dari siklus 1 sehingga penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas siswa pada saat mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen dan media benda asli termasuk dalam kategori aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase keaktivan siswa secara klasikal pada siklus 1 sebesar 64%, dan pada siklus 2 sebesar 84% yang berarti mengalami peningkatan 20%. Hasil belajar IPA siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dan media benda asli pokok bahasan gaya siswa kelas IV SD Negeri Jember Kidul 04 Jember semester genap Tahun Ajaran 2010/2011 terjadi peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 90% dan siklus 2 sebesar 100%, yang berarti terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 10%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204005;
dc.subjectMetode Eksperimenen_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Gaya dengan Menggunakan Metode Eksperimen dan Media Benda Asli di SDN Jember Kidul 04 Jember Tahun Ajaran 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record