Show simple item record

dc.contributor.authorAlif Junianti, Restian
dc.date.accessioned2014-01-22T01:06:50Z
dc.date.available2014-01-22T01:06:50Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM080210193021
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20343
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pendidikan dan teknologi menuntut adanya perkembangan sumber daya manusia. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan. Upaya untuk meningkatkan mutu, efesien, dan efektivitas pendidikan nasional baik secara makro maupun mikro telah dan sedang dilaksanakan melalui perubahan kebijakan pendidikan. Perubahan itu meliputi standarisasi termasuk penyempurnaan kurikulum, sistem pengajaran, peningkatan kinerja guru serta pengadaan fasilitas dan sumber belajar dalam pembelajaran. Pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Salah satu cara perubahan tersebut yaitu menggunakan model pembelajaran Resource Based Learning. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Resource Based Learning perlu diringi suatu penilaian (assessment) yaitu authentic assessment. Menurut Johnson Authentic assessment adalah suatu penilaian belajar yang merujuk pada situasi atau konteks “dunia nyata”, yang memerlukan berbagai macam pendekatan untuk memecahkan masalah yang memberikan kemungkinan bahwa satu masalah dapat mempunyai lebih dari satu permasalahan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning dengan authentic assessment terhadap motivasi belajar Biologi siswa kelas X Semester II SMA Negeri Kalisat - Jember vii tahun pelajaran 2011/2012, serta adakah pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning dengan authentic assessment terhadap Hasil belajar Biologi siswa kelas X Semester II SMA Negeri Kalisat - Jember tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning dengan authentic assessment terhadap motivasi dan hasil belajar biologi di SMA Negeri Kalisat- Jember. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan menggunakan quasi eksperimental pretest-postest pada kelas X SMA Negeri Kalisat- Jember. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran angket motivasi ARCS, tes hasil belajar siswa, observasi mengajar, dokumentasi, pengumpulan tugas, dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogrov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Uji homogenitas (Uji Levene Statistic), dan analisis kovarian (ANAKOVA) terhadap data hasil penelitian. Analisis terhadap motivasi siswa terdiri dari empat aspek yaitu Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction. Analisis terhadap data nilai dari keempat aspek taraf signifikasinya < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak, jadi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Hasil kedua analisis tersebut menunjukkan penggunaan model pembelajaran Resource Based Learning dengan authentic assessment memberikan pengaruh positif dalam meningkatan nilai motivasi siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Resource Based Learning dengan authentic assessment memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap kenaikan hasil belajar kognitif authentic assessment. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Resource Based Learning dengan authentic assessment di SMA Negeri Kalisat-Jember dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193021;
dc.subjectResource Based Learning, Authentic Assessmenten_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri Kalisat - Jember Tahun Pelajaran 2011/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record