Show simple item record

dc.contributor.authorKARIMAH, Inayatul
dc.date.accessioned2014-01-22T00:14:31Z
dc.date.available2014-01-22T00:14:31Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nim090210204058
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20204
dc.description.abstractStrategi pembelajaran merupakan salah satu hal penting bagi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas. Aktivitas belajar siswa yang rendah akan berpengaruh pula pada hasil belajar. Hal ini yang terjadi di SDN Pancakarya 01 Ajung-Jember. Rendahnya aktivitas belajar siswa di SDN Pancakarya 01 Ajung- Jember membuat hasil belajar siswa pun rendah. Berdasarkan nilai Ujian Tengah Semester (UTS) siswa, 50 % siswa (19 dari 38 siswa) tidak tuntas dalam pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V melalui strategi bermain jawaban dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan di SDN Pancakarya 01 Ajung-Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V melalui strategi bermain jawaban dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan di SDN Pancakarya 01 Ajung-Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan meliputi kegiatan pendahuluan (refleksi awal), perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN Pancakarya 01 Ajung Jember dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi bermain jawaban dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas belajar siswa pada setiap siklus x dan nilai tes tulis yang dilakukan setiap akhir siklus dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan.Pada siklus I, aktivitas belajar siswa kelas V tergolong Sangat Aktif yaitu sebesar82,45%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus yang dilaksanakan melalui tes tulis menunjukkan bahwa 27 dari 38 siswa tuntas dalam pembelajaran dengan prosentase 71,05%. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa meningkat dari 82,45% padas iklus I menjadi 88,41% dengan kategori Sangat Aktif. Hasil belajar siswa pada siklus II juga meningkat dari sebelumnya 71,05% pada siklus I menjadi 78,37%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi bermain jawaban dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi bermain jawaban merupakan sebuah strategi yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, khususnya dalam penelitian ini yaitu pembelajaran IPS di kelas V dengan pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan. Saran dari peneliti bagi guru SD adalah hendaknya guru dapat menerapkan strategi bermain jawaban dalam pembelajaran IPS dan mata pelajaran lainnya dengan tujuan agar dapat lebih meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis yang nantinya diharapkan dapat melengkapi kekurangan yang ada pada penelitian ini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204058,;
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPS Melalui Strategi Bermain Jawaban Pokok Bahasan Perjuangan Melawan Penjajahan di SDN Pancakarya 01 Ajung-Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record