Show simple item record

dc.contributor.authorEKO BUDI SANTOSO
dc.date.accessioned2014-01-21T07:52:26Z
dc.date.available2014-01-21T07:52:26Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM070210274017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19953
dc.description.abstractDari kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar/MI, yang terdapat dalam Kurikulum serta tertuang dalam Permendiknas Nomor 23 tahun 2006 namun dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran guru cenderung menggunakan tehnik atau methode yang monoton,sehingga membuat siswa kurang aktif, kreatif dan kurang senang akan pelajaran tersebut,akibatnya prestasi siswa selalu dibawah Standar Kompetensi Minimal yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang cara perkembangbiakan tumbuhan melalui pendekatan Discovery Learning pada siswa kelas VI SD Negeri Candipuro – Lumajang. (2) untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru dalam penerapan pembelajaran IPA dengan pendekatan Discovery Learning. (3) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa kelas VI SD Negeri Candipuro 01 setelah mengikuti pembelajaran IPA tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan pendekatan Discovery Learning. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Candipuro 01 pada siswa kelas VI yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id Penelitian ini menggunakan pendekatan Discovery Learning dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.Metode pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data dimulai tanggal 25 Pebruari 2010 dengan subyek penelitian siswa kelas VI SD Negeri Candipuro 01 Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.Data yang dapat dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh diketahui bahwa prosentase aktifitas siswa kelas VI selama pembelajaran dengan pendekatan Discovery Learning pada perkembangbiakan tumbuhan adalah sebagai berikut : pada siklus I prosentase hasil prestasi siswa yang diatas KKM 69,23 % dan yang dibawah KKM 30,77 %, pada siklus II diatas KKM sebesar 88,46%, dan dibawah KKM 11,54% . Dari hasil tes terakhir yang dilakukan oleh siswa, masih terdapat siswa yang prestasinya 11,54 % dibawah KKM.Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa prosentasi ketuntasan minimal siswa secara klasikal sudah tercapai yaitu 88,46 Kesimpulan dari penelitian ini siswa mengalami peningkatan baik prestasi maupun aktifitasnya dalam pembelajaran tentang perkembangbiakan tumbuhan tercipta siswa lebih berani dan terbuka menyampaikan pendapat dari hasil mencari sendiri,menemukan sendiri serta cara menggenalisir dan merefleksikannya sehing ga dengan pendekatan Discovery Learning dapat meningkatan prestasi belajar serta dapat meningkatan kerjasama yang positif antar individu.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210274017;
dc.subjectHasil Belajar, Pendekatan Discovery Learningen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VI SDN CANDIPURO 01KECAMATAN CANDIPURO KABUPATEN LUMAJANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record