Show simple item record

dc.contributor.authorEKO BUDI PURNAMA
dc.date.accessioned2014-01-21T07:48:35Z
dc.date.available2014-01-21T07:48:35Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM070210274001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19951
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui : (1) metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada energi listrik. (2) pembelajaran dengan metode discovery pada materi IPA tentang energi listrik dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Sumberwuluh 02 kecamatan Candipuro – kabupaten Lumajang yang berjumlah 19 siswa, sebagai subyek penelitian yang menerima tindakan. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini adalah peningkatan prosentase siswa melalui Hasil belajar siswa pada pokok bahasan energi listrik di kelas VI mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata dari aspek kognitif sebesar 68,95 dan pada siklus II meningkat menjadi 72,89. peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 10,26. Pembelajaran IPA dengan Metode Discovery dapat mencapai ketuntasan sesuai dengan kreteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70 dan dengan tujuan yang ingin dicapai. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 10 siswa dengan ketuntasan klasikal 52,63% berada dalam kategori belum tuntas. Pada siklus II meningkat jumlah siswa yang tuntas 16 siswa dengan ketuntasan klasikal 84,21% termasuk kategori tuntas. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 31,58%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode belajar discovery sangat diperlukan, karena siswa sangat memerlukan pengalaman pembelajaran secara langsung dan menemukan sendiri sesuai dengan percobaan yang dilakukan untuk lebih memahami dan mengingat suatu kegiatan yang berhubungan dengan materi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210274001;
dc.subjectHasil Belajar, Metode Discoveryen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR ENERGI LISTRIK MELALUI METODE DISCOVERY PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SUMBERWULUH 02en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record