Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Sisca Wulandari
dc.date.accessioned2014-01-21T06:00:06Z
dc.date.available2014-01-21T06:00:06Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM040210301079
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19803
dc.description.abstractBelajar sebagai proses perubahan dan interaksi dengan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan fisik, mental dan spiritual. Perubahan tersebut mencakup tingkah laku, keterampilan, sikap, pengetahuan, dan kemampuan daya reaksi. Perubahan sebagai hasil belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti perubahan pengetahuan, sikap, tingkah laku, keterampilan, kecakapan, kemampuan daya reaksi, daya penerimaan dan aspek yang ada pada individu. Disiplin belajar siswa dan pemenuhan biaya pendidikan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Jika disiplin belajar siswa itu tinggi maka prestasi belajar yang di capai akan tinggi juga, karena waktu yang digunakan di sekolah berjalan terarah pada tujuan belajar. Berbada dengan siswa yang memiliki kedisiplinan yang kurang baik, waktu belajarnya akan terganggu karena sebagian waktu tersebut tersita untuk menjalani sangsi dari guru maka hal tersebut akan mengganggu prestasi belajarnya di sekolah. Sama halnya dengan biaya pendidikan yang di keluarkan oleh orangtua untuk pemenuhan kebutuhan belajar anaknya di sekolah. Jika, keadaan ekonomi orangtua tinggi semua kebutuhan akan biaya transportasi dan pemberian uang saku anak akan terpenuhi dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan adanya pengaruh yang signifikan dari disiplin belajar dan biaya pendidikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Sunan Giri Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik Tahun Ajaran 2010/2011 pada mata pelajaran Ekonomi, serta manakah faktor yang berpengaruh paling dominan terhadap prestasi belajar siswa. penelitian dengan cara Purposive Area yakni SMA Sunan giri Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Metode penentuan responden dengan cara populasi yakni siswa kelas XI IPS, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar (X ) dan biaya pendidikan (X ) berpengaruh secara nyata terhadap prestasi belajar (Y). Dibuktikan pada hasil perhitungan F 2 hitung sebesar 79,115 > F 3,136 dan α = 0,05 > sig F = 0,000 yang berarti bahwa disiplin belajar dan biaya pendidikan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA viii tabel Sunan Giri Menganti kelas XI tahun ajaran 2010/2011. Proporsi sumbangan masing- masing variabel, yaitu untuk variabel disiplin belajar (X ) sebesar 44,63% dengan t hitung sebesar 5,379. Sedangkan variabel biaya pendidikan (X 1 ) sebesar 25,88% dengan t hitung 2 sebesar 3,331. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa variabel disiplin belajar (X ) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi apabila dibandingkan dengan variabel biaya pendidikan (X 2 ). 1 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa disiplin belajar sangat besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. karena tanpa adanya kesadaran diri yang baik akan aturan yang berlaku disekolah maka kegiatan belajar mengajar siswa di kelas akan terganggu. Waktu belajar akan tersita karena siswa tersebut sedang menjalankan sangsi karena ketidakdisiplinannya di sekolah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210301079;
dc.subjectDisiplin Belajar, Biaya Pendidikan, Prestasi Belajaren_US
dc.titlePENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Sunan Giri Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record