Show simple item record

dc.contributor.authorSurya Hadiananta
dc.date.accessioned2014-01-21T02:52:51Z
dc.date.available2014-01-21T02:52:51Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM010210402117
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19366
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh belum memadainya kemampuan siswa kelas VIII C SMPN 1 Leces dalam menulis puisi. Hal ini diakibatkan karena dalam proses pembelajaran guru dalam menjelasan materi masih dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan evaluasi hanya dilakukan dengan memberikan tugas menulis puisi tanpa menanyakan dulu jelas tidaknya siswa terhadap materi yang telah disampaikan guru, hal ini mengakibatkan hasil nilai tugas siswa masih di bawah rata-rata. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan strategi untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu strategi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan strategi penayangan peristiwa alam. Penelitian dilakukan dengan membatasi masalah yaitu bagaimanakah strategi penayangan peristiwa alam dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII C SMPN 1 Leces, dan bagaimanakah efektifitas strategi penayangan peristiwa alam dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII C SMPN 1 Leces. Berdasarkan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang strategi penayangan peristiwa alam dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII C SMPN 1 Leces, dan efektifitas strategi penayangan peristiwa alam dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII C SMPN 1 Leces. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus yaitu prasiklus, siklus pertama, dan siklus kedua. Jenis penelitian yang digunakan adalah simultan terpadu. Data dalam penelitian ini vii dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalilisis secara kualitatif adalah data yang diperoleh dari hasil observasi dan angket sedangkan data hasil tes siswa dianalisis secara kuantitatif dan dideskripsikan dengan kata-kata. Sumber data diperoleh dari hasil tes kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII C SMPN 1 Leces, hasil observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus pertama, dan siklus kedua. Peningkatan kemampuan siswa tersebut disebabkan adanya penerapan tindakan berupa penggunaan strategi penayangan peristiwa alam dalam proses belajar mengajar. Peningkatan kompetensi siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan strategi penayangan peristiwa alam dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar yang dicapai oleh siswa. Pada prasiklus, 14 siswa (35%) yang mencapai ketuntasan dan 26 siswa (62,5%) masih belum tuntas. Setelah diterapkan tindakan pada siklus I, hasil ketuntasan belajar meningkat menjadi 19 siswa (47,5%) dan 21 siswa (52,5%) masih belum tuntas. Hasil pada siklus II, 32 siswa (80%) yang mencapai ketuntasan dan 8 siswa (20%) belum mencapai ketuntasan. Berdasarkan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan strategi penayangan peristiwa alam efektif diterapkan. Saran-saran yang dapat diberikan (1) guru, hendaknya dapat digunakan sebagai masukan guna pengembangan dan peningkatan mutu atau kualitas belajar mengajar, dan (2) peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu masukan dalam mengembangkan penelitaian selanjutnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries010210402117;
dc.subjectKemampuan Menulis Puisien_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII C SMPN I Leces melalui Strategi Penayangan Peristiwa Alamen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record