Teknik Guru dalam Penyusunan Soal, Validitas, Reliabilitas, Kendala dan Upaya dalam Penyelesaian Masalah Penyusunan Instrumen Evaluasi Pembelajaran IPA Biologi SMP Se-Kabupaten Probolinggo

DSpace/Manakin Repository

Show simple item record

dc.contributor.author Dwi Oktavia Setya Ningrum
dc.date.accessioned 2014-01-21T01:23:16Z
dc.date.available 2014-01-21T01:23:16Z
dc.date.issued 2014-01-21
dc.identifier.uri http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19137
dc.description.abstract Pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia (Herlina, 2007 [online]). Tinggi rendahnya kualitas pendidikan diketahui melalui evaluasi pendidikan. Keberhasilan kegiatan evaluasi dipengaruhi oleh keberhasilan evaluator dalam melaksanakan prosedur evaluasi. Instrumen evaluasi yang disusun guru juga harus memiliki kualitas alat ukur yang baik sehingga dapat diperoleh hasil belajar yang maksimal. Sehingga diperlukan upaya penyelesaian masalah penyusunan instrument evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik guru dalam penyusunan soal, validitas, reliabilitas, kendala dan upaya dalam penyelesaian masalah penyusunan instrumen evaluasi pembelajaran IPA Biologi SMP Se-Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai peneliti maka jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat ex post facto. Proses tabulasi data dilaksanakan dengan menggunakan metode survai (angket dan wawancara terpimpin) dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam bentuk data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data tentang teknik guru dalam penyusunan soal, kendala dan upaya dalam penyelesaian masalah penyusunan instrumen evaluasi pembelajaran IPA Biologi SMP Se-Kabupaten Probolinggo diketahui bahwa kategori sangat baik sebesar 20% dan kategori baik sebesar 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru bidang studi IPA Biologi Se-Kabupaten Probolinggo dalam menyusun soal evaluasi pembelajaran telah sesuai dengan prosedur penyusunan soal. Data mengenai validitas dan reliabilitas soal yang diperoleh dari penjaringan nilai dan naskah soal Ujian Kenaikan Kelas IPA Biologi SMP Negeri Se-Kabupaten Probolinggo kelas VII. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas kriteria. Naskah soal ulangan kenaikan kelas yang disusun guru Biologi SMP Negeri Se-Kabupaten Probolinggo memiliki 27% soal dengan validitas isi sangat bak, 32% dengan validitas isi baik dan 41% dengan validitas isi cukup sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa soal ulangan kenaikan kelas yang disusun guru Biologi SMP Negeri Se-Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2009/2010 telah memiliki validitas isi, artinya soal tersebut telah sesuai dengan tujuan pembelajaran khusus yang hendak dicapai guru. Naskah soal ulangan kenaikan kelas yang disusun guru Biologi SMP Negeri Se-Kabupaten Probolinggo terdapat 23% soal dengan validitas kriteria sangat rendah, 54 % soal dengan validitas kriteria rendah dan 23% soal dengan validitas kriteria cukup. Sehinggga dapat diperoleh informasi bahwa besarnya tingkat validitas criteria naskah soal ulangan kenaikan kelas yang disusun guru Biologi SMP Negeri Se-Kabupaten memenuhi kriteria soal yang rendah. Pengukuran reliabilitas instrumen evaluasi menggunakan teknik KR . Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa 40% soal dengan tingkat reliabilitas sangat rendah, 30% soal dengan tingkat reliabilitas rendah, 10% soal dengan tingkat reliabilitas cukup, 17% soal dengan tingkat reliabilitas baik dan 3% soal dengan tingkat reliabilitas sangat baik. Sehinggga dapat diperoleh informasi bahwa besarnya tingkat reliabilitas tes yang disusun guru Biologi SMP Negeri Se-Kabupaten memenuhi krteria soal yang sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bahwa guru IPA Biologi SMP Negeri Se-Kabupaten Probolinggo mempunyai kemampuan yang rendah mengenai penyusunan soal dengan kualitas soal yang baik namun belum ada upaya yang dilakukan oleh guru dan sekolah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Padahal kualitas soal yang baik mampu memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa sehingga perlu dilakukan upaya perbaikan penyelesaian masalah penyusunan instrumen evaluasi pembelajaran. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.relation.ispartofseries 060210103009;
dc.subject Teknik Guru dalam Penyusunan Soal, Validitas, Reliabilitas, Kendala dan upaya, Penyelesaian Masalah, Penyusunan Instrumen, Evaluasi Pembelajaran IPA Biologi en_US
dc.title Teknik Guru dalam Penyusunan Soal, Validitas, Reliabilitas, Kendala dan Upaya dalam Penyelesaian Masalah Penyusunan Instrumen Evaluasi Pembelajaran IPA Biologi SMP Se-Kabupaten Probolinggo en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Pencarian


Browse

My Account

Context