Show simple item record

dc.contributor.authorHendah Kartika Sari
dc.date.accessioned2014-01-21T00:21:39Z
dc.date.available2014-01-21T00:21:39Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM080210274022
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18911
dc.description.abstractBerhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai kartu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa? (b) bagaimanakah aktivitas siswa dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai kartu pecahan? (c) bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dari pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) ingin mengetahui penerapan pembelajaran tipe jigsaw disertai kartu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (b) ingin mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai kartu pecahan, (c) ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dari pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai kartu pecahan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas Vb SDN Patrang 01. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I 50% dan siklus II 82,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai kartu pecahan dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas Vb SDN Patrang 01, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274022;
dc.subjectpembelajaran kooperatif tipe jigsawen_US
dc.titlePenerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai kartu pecahan untuk meningkatkan hasil belajar perkalian pecahan siswa kelas V SDN Patrang 01 Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record