Show simple item record

dc.contributor.authorRAHMAWATI, SRI
dc.date.accessioned2014-01-20T11:51:53Z
dc.date.available2014-01-20T11:51:53Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM070210204074
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18645
dc.description.abstractPenerapan cooperative learning dapat membuat siswa akif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep dialami sendiri oleh siswa berdasarkan pengetahuan awal yang mereka miliki dan dapat menerapkan kembali yang mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan setelah penerapan cooperative learning menggunakan media gambar. Penelitian dilakukan di SD Negeri Sumberjati 01 Jember pada semester genap. Subjek penelitian yang diambil adalah seluruh siswa kelas 1 SD Negeri Sumberjati 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan data yang dikumpulkan adalah aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, hasil tes, hasil wawancara, dan dokumen-dokumen lainnya yang mendukung penelitian. Dalam pembelajaran materi Operasi Hitung Bilangan setelah penerapan cooperative learning menggunakan media gambar terlihat adanya suatu peningkatan aktivitas dan hasil belajar yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes akhir pada siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 kegiatan tes akhir ketuntasan klasikal yaitu sebesar 73,69% dan pada siklus 2 kegiatan tes akhir ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 92,11%. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa siklus 1 dan siklus 2 mengalami suatu peningkatan sebesar 20%. Pada siklus 1 sebenarnya sudah mencapai ketuntasan klasikal yaitu 70% tetapi tetap dilanjutkan ke siklus 2 sebagai pemantapan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan cooperative learning menggunakan media gambar pada materi Operasi Hitung Bilangan berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari siswa maupun guru Matematika kelas 1 SD Negeri Sumberjati 01 Jember, selain itu dengan penerapan cooperative learning menggunakan media gambar juga dapat membuar siswa aktif dan antusias dalam pembelajaran dikelas karena siswa diberi kesempatan menemukan dan mengemukakan pendapatnya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan mereka.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204074;
dc.subjectcooperative learning, media gambar, belajar matematikaen_US
dc.titlePenerapan cooperative learning menggunakan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas 1 SD Negeri Sumberjati 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record