Show simple item record

dc.contributor.authorAsmaul Husna
dc.date.accessioned2014-01-20T06:42:41Z
dc.date.available2014-01-20T06:42:41Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM070210204322
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18475
dc.description.abstractLatar belakang dari penelitian ini adalah penggunaan metode konvesional dalam pembelajaran di sekolah yang lebih menekankan pada aktivitas guru dan kurang menghargai siswa sebagai subjek pembelajaran dalam KBM, hal ini menyebabkan siswa bosan dalam menerima pelajaran sehingga menyebabkan nilai yang mereka dapatkan dibawah SKM yang ditentukan sekolah. Untuk memberikan pemahaman yang lebih bervariasi dengan metode yang lebih menyenangkan, maka peneliti akan menggunakan metode Problem Solving berbantukan amplop masalah materi perjuangan Bangsa Indonesia. Pada pembelajaran yang berbasis hafalan ini sangat tepat bila menggunakan amplop masalah untuk lebih memantapkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS. http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id Problem Solving adalah metode pemecahan masalah yang bukan hanya sekedar metode mengajar tetapi juga merupakan suatu metode berfikir, sebab dalam Problem Solving dapat menggunakan metode – metode lainnya dimulai dengan mencari data sampai kepada menarik kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 kelas V yang terdiri dari 38 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 20 siswa laki – laki. Proses pembelajarannya siswa dibagi menjadi 18 kelompok. Jenis penelitiannya menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawncara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif yang dianalisis berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan deskriptif kuantitatif diperoleh dari hasil tes individu. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 4 Maret 2010 sampai 30 Maret 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Sumbersari 01 jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa meliputi visual activities ( demonstrasi ), motor activities ( bermain ) dengan menggunakan bantuan amplop masalah; dan listening activities ( diskusi ); aktivitas kelompok meliputi writing activities ( laporan ) pada lembar jawaban, listening activities ( diskusi ); aktivitas guru; dan tes individu. Pada pertemuan I, untuk aktivitas siswa mencapai 78,4%; aktivitas kelompok 80,5%; aktivitas guru 67,7%; dan tes individu 68,4%. Pada pertemuan II, untuk aktivitas siswa mencapai 97,9%; aktivitas kelompok 79%; aktivitas guru 73,5%; dan tes individu 78,9%. Untuk aktivitas siswa mengalami peningkatan 19,5%, aktivitas kelompok mengalami penurunan 1,5%; aktivitas guru megalami peningkatan 5,8%; dan tes individu mengalami peningkatan 10,5%. Dari analisis data hasil penelitian untuk post test mencapai 78,9% sehingga hasil tes individu siswa mengalami peningkatan dengan kategori cukup baik.Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dengan kategori sangat aktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan perjuangan bangsa Indonesia dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, dan siswa dapat berinteraksi dengan baik pada kelompok belajarnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204322;
dc.subjectMENINGKATKAN AKTIVITASen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING BERBANTUKAN AMPLOP MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERJUANGAN BANGSA INDONESIA KELAS V SDN SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record