Show simple item record

dc.contributor.authorCarina Astari
dc.date.accessioned2014-01-18T04:11:01Z
dc.date.available2014-01-18T04:11:01Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM070210191111
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16781
dc.description.abstractGlobalisasi yang melanda dunia membawa berbagai konsekuensi logis bagi seluruh aspek kehidupan masyarakat. Proses globalisasi ini menjadi lebih menarik ketika sudah merambah dalam sistem pendidikan. Nanang (2009) mengemukakan bahwa substansi pendidikan nasional hampir selalu diorientasikan pada pemenuhan kebutuhan pasar global ditingkat internasional. Adanya temuan lapang yang diperoleh peneliti bahwa beberapa SMP yang menerapkan pembelajaran bilingual masih menggunakan perangkat pembelajaran yang berbahasa indonesia atau berbahasa inggris saja dan sebagian menggunakan dua bahasa (bilingual). Oleh karena itu, dikembangkan suatu perangkat pembelajaran dengan menggunakan dua bahasa (bilingual) yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan tujuan dapat membantu siswa dalam memahami materi sekaligus untuk melatih kemampuan siswa dalam berbahasa inggris sebagai sebuah bentuk adaptasi terhadap pembelajaran disekolah. Selama ini pengelolaan pembelajaran matematika dikelas dimulai dari pemberian teori, kemudian contoh-contoh dan terakhir siswa diberikan soal-soal latihan. Seharusnya perlu dipikirkan cara-cara penyajian dan suasana pembelajaran matematika yang memungkinkan anak mudah memahami serta merasa senang belajar matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengakrabkan matematika dengan realitas kehidupan anak. Oleh karena itu, dikembangkan perangkat pembelajaran bilingual matematika berbasis CTL pada pokok bahasan prisma dan limas. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil pengembangan perangkat pembelajaran bilingual matematika berbasis CTL (contextual teaching and learning) pokok bahasan prisma dan limas, (2) mengetahui hasil uji coba pengembangan perangkat pembelajaran bilingual matematika berbasis CTL (contextual teaching and learning) pokok bahasan prisma dan limas. Model pengembangan perangkat yang digunakan adalah model 4D. Model 4-D memiliki empat tahap pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Guru, Buku Siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 3 Jember kelas VIII A dan siswa SMPN 2 Jember kelas VIII E. metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran bilingual matematika berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) pada pokok bahasan prisma dan limas kelas VIII yang valid. Dari penilaian yang diberikan validator diperoleh nilai tingkat kevalidan RPP sebesar 0.9865 yang berarti berada pada kategori sangat tinggi, nilai tingkat kevalidan Buku Guru sebesar 0.9856 yang berarti berada pada kategori sangat tinggi, nilai tingkat kevalidan Buku Siswa sebesar 0.9894 yang berarti berada pada kategori sangat tinggi, nilai tingkat kevalidan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebesar 0.9775 yang berarti berada pada kategori sangat tinggi, dan nilai tingkat kevalidan Tes Hasil Belajar (THB) sebesar 1.0 yang berarti berada pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian dihasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan siap digunakan sebagai perangkat pembelajaran matematika bilingual berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan prisma dan limasen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191111;
dc.subjectCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BILINGUAL MATEMATIKA BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) POKOK BAHASAN PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record