Show simple item record

dc.contributor.authorArik Fajar Cahyono
dc.date.accessioned2014-01-17T07:33:05Z
dc.date.available2014-01-17T07:33:05Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM070210402085
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16270
dc.description.abstractKeterampilan berbicara merupakan kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan, serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Penyampaian pesan melalui kata-kata yang diucapkan maupun dituliskan disebut dengan retorika verbal. Selain penyampaian pesan melalui kata-kata, cara lain untuk menyampaikan pesan dapat melalui gerak tubuh atau dikenal dengan sebutan retorika nonverbal. Seorang motivator dalam sebuah acara seminar motivasi membutuhkan kedua keterampilan tersebut sekaligus karena disamping kata-katanya diperhatikan, gerak tubuhnya di atas panggung merupakan bagian yang menjadi sorotan pemirsa. Semua kemampuan retorika verbal dan nonverbal yang digunakan oleh motivator pada ujungnya dipilih untuk selanjutnya digunakan sebagai media memotivasi pemirsa yang menyaksikan acara Mario Teguh Golden Ways. Alasan mengambil kajian retorika verbal dan nonverbal dalam kaitan pemberian motivasi pada acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV adalah membahas pentingnya pilihan kata dan pilihan gerak oleh seorang motivator dalam memotivasi yang memiliki pengaruh penting karena setiap pemilihan kata dan gerak diusahakan mampu menciptakan suasana kebersamaan yang dialogis yaitu penciptaan suasana emosional yang terkendali sehingga menjadi kekuatan pengikat antara motivator dengan pemirsa. Pemilihan Mario Teguh Golden Ways sebagai objek penelitian ini berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada observasi awal, yaitu ditemukannya cara penyampaian pesan melalui kata-kata (verbal) dan gerak tubuh (nonverbal) yang bervariasi dan menarik serta pemakaian kemampuan tersebut untuk memberikan motivasi sebagai tujuan awal dari acara. Kajian ini difokuskan pada pembahasan mengenai pemakaian retorika verbal dan nonverbal serta kaitannya dalam pemberian motivasi. Pembahasan yang dikaji terdiri atas tiga masalah, yaitu (1) bagaimanakah interpretasi dan fungsi retorika bentuk verbal dalam acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV, (2) bagaimanakah interpretasi dan fungsi retorika bentuk nonverbal dalam acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV, dan (3) bagaimanakah pemakaian retorika verbal dan nonverbal dalam kaitan pemberian motivasi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan interpretasi dan fungsi retorika bentuk verbal dalam acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV, (2) mendeskripsikan interpretasi dan fungsi retorika bentuk nonverbal dalam acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV, dan (3) mendeskripsikan pemakaian retorika verbal dan nonverbal dalam kaitan pemberian motivasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210402085;
dc.subjectRETORIKA BAHASA MOTIVASIen_US
dc.titleRETORIKA BAHASA MOTIVASI DALAM ACARA MARIO TEGUH GOLDEN WAYS DI METRO TVen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record