Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Title
Now showing items 9683-9702 of 14259
-
Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Group Investigation-Guided Inquiry (GI-GI) menggunakan Lift the Flap Book untuk Meningkatkan Truth-Seeking Siswa
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-03-15)Berpikir kritis menjadi salah satu indikator pembelajaran yang perlu dikembangkan guna memenuhi standar pendidikan abad 21. Kompetensi pada berpikir kritis terbagi menjadi dua, yaitu kemampuan dan disposisi (perilaku). ... -
Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Group Investigation-Guided Inquiry (GI-GI) menggunakan Lift the Flap Book untuk Meningkatkan Truth-Seeking Siswa
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-02-15)Berpikir kritis menjadi salah satu indikator pembelajaran yang perlu dikembangkan guna memenuhi standar pendidikan abad 21. Kompetensi pada berpikir kritis terbagi menjadi dua, yaitu kemampuan dan disposisi (perilaku). ... -
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR VIRUS BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA
(2014-04-23)Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai validasi bahan ajar berbasis pembelajaran kontekstual dari seluruh validator mencapai 83,39% dengan tingkat validitas sangat layak. Uji keterbacaan dilakukan pada 30 siswa ... -
Pengembangan Buku Aajar Digital Sistem Ekskresi Berbasis Brain-Based Learning (BBL) dilengkapi dengan Augmented Reality dan Couple Card untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2021-06)Pendidikan pada abad ke-21 berada di era pengetahuan (knowledge age) dengan peningkatan pengetahuan yang cukup pesat. Peningkatan pengetahuan ini didukung oleh penerapan media dan teknologi digital yang disebut dengan ... -
Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal Bondowoso Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Koncer 02
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2021-09-06)Buku ajar merupakan salah satu bagian penting dalam proses pembelajaran. Buku yang diperuntukkan siswa masih bersifat umum. Buku yang ada belum mencerminkan kearifan lokal Bondowoso. Hasil wawancara dengan guru SDN ... -
Pengembangan Buku Ajar Berbasis Augmented Reality Materi Kalor dan Perpindahannya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-01-12)Era Society 5.0 menuntut masyarakat mengatasi permasalahan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Augmented Reality, salah satu teknologi informasi yang digunakan di bidang pendidikan, menghadirkan objek virtual dan objek ... -
Pengembangan Buku Ajar Berbasis Bioteknologi Kearifan Lokal di Jember Subtema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2019-12-09)Kurikulum yang digunakan di Indonesia saat ini adalah kurikulum 2013. Pada jenjang pendidikan sekolah dasar kurikulum 2013 diterapkan secara terpadu melalui pendekatan tematik terintegrasi menggunakan buku guru dan buku ... -
Pengembangan Buku Ajar Berbasis Gambar Proses Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Pembelajaran Biologi untuk Siswa SMA
(2018-12-03)Rendahnya hasil belajar siswa menjadi masalah dalam proses pembelajaran di SMA, sehingga untuk mengatasinya memerlukan adanya penggunaan bahan ajar yang tepat. Sumber belajar yang kreatif dan komunikatif dapat mendukung ... -
Pengembangan Buku Ajar Berbasis Literasi Sains Bermuatan Kearifan Lokal Tema Ekosistem Subtema 1 Komponen Ekosistem Untuk Mengefektifkan Pembelajaran pada Peserta Didik Kelas V SDN Sebaung I di Kabupaten Probolinggo
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-26)Ilmu pengetahuan adalah cara mempelajari alam dan prosesnya dengan menggunakan metode yang sistematis dan ilmiah. Pentingnya buku ajar berbasis literasi sains bermuatan kearifan lokal ini di kembangkan dengan alasan buku ... -
Pengembangan Buku Ajar Berbasis Majalah Anak Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku (Fokus Pokok Bahasan Siklus Hidup Makhluk Hidup) DI Sekolah Dasar
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2020-03-03)Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi peserta didik pada ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Melalui pendekatan tematik terpadu, ketiga ranah tersebut dipadukan menjadi satu. Pada kelas IV ... -
Pengembangan Buku Ajar Berbasis Mitigasi Bencana Gunung Berapi di Lumajang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas V
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-07)Education in the 21st century students are required to follow the development of the current learning model, teachers must provide and utilize a variety of teaching materials in order to attract students' learning interest ... -
Pengembangan Buku Ajar Berbasis Pendidikan Mitigasi Tema 5 Subtema 3 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas III Sekolah Dasar
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-08)Pendidikan mitigasi perlu diberikan kepada masyarakat sebagai wawasan penanganan saat bencana terjadi. Pendidikan mitigasi dapat diberikan kepada peserta didik di kelas melalui pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk ... -
Pengembangan Buku Ajar Biologi Dengan Bantuan Mnemonic Dan Mind Mapping Pada Sub Pokok Bahasan Sistem Saraf Kelas XI SMA
(2018-08-29)Biologi merupakan salah satu mata pelajaran pada tingkat sekolah menengah yang dipelajari dengan memerlukan hafalan materi. -
Pengembangan Buku Ajar Digital Berbasis Brain-Based Learning Menggunakan Media Story Picture disertai Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA pada Materi Sistem Pencernaan
(Intan Febrianti, 2022-03-31)Dunia pendidikan saat ini berada pada era pendidikan 4.0. Salah satu kebutuhan substansial yang harus dimiliki oleh siswa dalam pendidikan 4.0 adalah kemampuan berpikir kritis. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan ... -
Pengembangan Buku Ajar Digital Materi Sistem Saraf Berbasis Brain-Based Learning disertai dengan Speed Reading dan Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-05-31)Menghadapi abad 21, sumber daya manusia diharapkan mampu memiliki pengetahuan dan juga keterampilan. Kurikulum 2013 memberikan ruang yang cukup luas dalam penguatan pendidikan karakter. Karakteristik pembelajaran di abad ... -
Pengembangan Buku Ajar Digital pada Materi Sistem Pencernaan Berbasis Brain-Based Learning dilengkapi dengan Video Animasi dan Maze Chase-Wordwall untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-04-03)Pendidikan saat ini mengharapkan peserta didik dan guru dapat meningkatkan keterampilan kreatif, inovatif, dan mampu untuk memecahkan masalah. Ada beberapa keterampilan yang harus mampu dimiliki pada abad 21. Salah satu ... -
PENGEMBANGAN BUKU AJAR FISIKA BERBASIS RRPRESENTASI GVM (GAMBAR, VERBAL, DAN MATEMATIS) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK
(2018-06-25)Hasil penilaian dari validasi ahli menunjukkan komponen kelayakan isi memiliki nilai 78,33 % dan berkategori cukup valid. Kelayakan bahasa memiliki nilai 80,56% dan berkategori valid. Kelayakan penyajian memiliki nilai ... -
Pengembangan Buku Ajar IPA Interaktif Berbasis Ijen Geopark untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-01-11)Kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi sumber daya manusia pada siswa guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Ironisnya, di era digital saat ... -
Pengembangan Buku Ajar Rangkaian Arus Bolak-Balik Disertai Penyelesaian Soal dengan menggunakan Teorema Phytagoras
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-01-12)Pengembangan Buku Ajar Rangkaian Arus Bolak-Balik Disertai Penyelesaian Soal dengan Menggunakan Teorema Phytagoras; Shinta Nuriyah Mahbubiyah Royani, 190210102089; 2022: 118 halaman, Program Studi Pendidikan Fisika ... -
Pengembangan Buku Ajar Tema 7 Indahnya Keragaman Budaya Di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Jember Pada Siswa Kelas 4 SDN Kepatihan 01
(2019-08-26)Pendidikan saat ini , guru hanya menggunakan buku yang dikeluarkan oleh Kemendikbud. Pada kurikulum 2013, guru diharuskan untuk kreatif, inovatif, dan mampu mengembangkan ide-ide kreatif dengan memanfaatkan alternatifa ...