Show simple item record

dc.contributor.authorNURULIAH DWI WULANDARI
dc.date.accessioned2014-01-17T05:07:39Z
dc.date.available2014-01-17T05:07:39Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM050210102268
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15894
dc.description.abstractPembelajaran fisika merupakan pembelajaran dimana siswa tidak sekedar menghafalkan rumus tetapi lebih ditekankan pada proses terbentuknya pengetahuan dan penguasaan konsep. Pada proses pembelajaran fisika, siswa dituntut untuk dapat membangun pengetahuan dalam dirinya sendiri dengan peran aktifnya selama proses belajar mengajar berlangsung. Namun tidaklah demikian pembelajaran yang terjadi di SMA Negeri Plus Sukowono. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan penulis terhadap guru bidang studi fisika di SMA Negeri Plus Sukowono menyimpulkan bahwa aktivitas pembelajaran fisika di kelas X-3 SMA Negeri Plus Sukowono masih rendah. 55 % siswa yang aktif menyimak penjelasan guru; 44 % siswa yang aktif mencatat; 27 % siswa yang aktif bertanya; dan 40 % siswa yang aktif menjawab pertanyaan. Hasil evaluasi belajar pun menunjukkan bahwa nilai hasil belajar mata pelajaran fisika masih rendah di kelas X-3 SMA Negeri Plus Sukowono. Hal ini berdasarkan nilai Ulangan Harian (UH) bab suhu dan kalor semester genap tahun ajaran 2009/2010. Hanya 30 % siswa yang nilainya ≥70 sedangkan 70 % siswa mendapat <70. Padahal seorang siswa dikatakan tuntas belajar apabila telah mencapai skor ≥ 70 dari skor maksimal 100 dan suatu kelas dinyatakan tuntas apabila terdapat minimal 70% siswa telah mencapai ketuntasan individual. Jika nilainya di bawah standar ketuntasan minimal maka dinyatakan siswa tersebut belum menguasai kompetensi dasar yang telah ditetapkan sekolah atau dengan kata lain siswa tidak tuntas. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui pendekatan active learning dengan strategi quiz team untuk meningkatkan hasil belajar fisika di SMA Negeri Plus Sukowono. Strategi ini memiliki kelebihan yaitu dapat meningkatkan tanggung jawab siswa tentang materi yang dipelajari melalui cara yang menyenangkan dan tidak menakutkan. Penelitian ini dilakukan di kelas X-3 SMA Negeri Plus Sukowono. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, sedangkan persentase aktivitas belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan pada siklus I telah mengalami peningkatan yaitu ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa mencapai 73 % dan berada pada kategori baik. Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 85% dan berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan. Persentase ketuntasan pada pembelajaran siklus I sebesar 58 % dan pada siklus II sebesar 79 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Aktivitas belajar siswa di kelas kelas X3 SMA Negeri Plus Sukowono menggunakan pendekatan active learning dengan strategi quiz team kategori sangat baik; (2) Penerapan pendekatan active learning dengan strategi quiz team dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa di kelas X-3 SMA Negeri Plus Sukowono.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210102268;
dc.subjectACTIVE LEARNING DENGAN STRATEGI QUIZ TEAMen_US
dc.titlePENDEKATAN ACTIVE LEARNING DENGAN STRATEGI QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI PLUS SUKOWONO TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record