Show simple item record

dc.contributor.authorKADIR
dc.date.accessioned2014-01-17T04:32:20Z
dc.date.available2014-01-17T04:32:20Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM080210274061
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15872
dc.description.abstractPembelajaran matematika bagi siswa merupakan pembelajaran yang menyulitkan. Pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN Gugut 01 siswa kurang maksimal. Siswa pada pembelajaran matematika kurang terlibat langsung, sebagian besar siswa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Akibatnya adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika rendah. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji : (1) Peningkatan aktivitas siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok berbantuan media Visual pokok bahasan menjumlahkan bilangan bulat tahun pelajaran 2010-2011 di kelas IV Gugut 01 Rambipuji. (2) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok berbantuan media Visual pokok bahasan menjumlahkan bilangan bulat tahun pelajaran 2010-2011 di kelas IV Gugut 01 Rambipuji. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gugut 01 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember kelas IV yang terdiri dari 30 orang siswa. Pembelajaran dikelas menggunakan teknik pembagian kelompok. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 1 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Pengambilan data dimulai pada tanggal 23 Februari 2011. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer dengan menggunakan lembar observasi menujukkan peningakatan aktivitas guru dan siswa. Hasil Post Tes berdasarkan penelitian menunjukkan peningkatan portsentase ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Siklus I porsentase klasikal sebesar 66,67% dan Siklus II porsentase ketuntasan klasikal sebesar 83,33%. Hasil tes kinerja yang mengukur tingkat aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan pula. Siklus I aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup baik dan pada siklus II berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan aktiviras belajar pada materi penjumlahan bilangan bulat dengan metode kerja kelompok melalui penerapan media visual. htten_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274061;
dc.subjectMETODE KERJA KELOMPOKen_US
dc.titlePENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUT 01 KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record