PENGARUH SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN (REWARD) TERHADAP HUBUNGAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DENGAN KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Islam Fatimah Banyuwangi)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh sistem pengukuran
kinerja dan sistem penghargaan (reward) terhadap hubungan antara Total Quality
Management (TQM) dengan kinerja karyawan pada Rumah Sakit Islam Fatimah
Banyuwangi. Responden adalah seluruh seluruh karyawan, dengan sampel berjumlah
58 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple ramdom sampling.
Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung melalui
kuesioner. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi
berganda dan menggunakan pendekatan residual. Hasil pengujian hipotesis pada
penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Total Quality Management tidak
berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Penerapan Total Quality Management yang
tinggi tidak diikuti dengan peningkatan kinerja karyawan. Interaksi antara Total
Quality Management dan sistem pengukuran kinerja berpengaruh terhadap kinerja
karyawan, namun arah hubungan interaksinya negatif. Semakin tinggi pengaruh
sistem pengukuran kinerja, semakin besar pengaruh negatif TQM terhadap kinerja
karyawan. Sedang interaksi antara Total Quality Management dan sistem
penghargaan/reward tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan.