Show simple item record

dc.contributor.authorCITRA CAHYANINGTYAS
dc.date.accessioned2013-10-22T07:26:29Z
dc.date.available2013-10-22T07:26:29Z
dc.date.issued2013-10-22
dc.identifier.nimNIM070210204132
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1376
dc.description.abstractKeterampilan membaca merupakan modal utama dalam memperoleh ilmu pengetahuan yang lainnya. Banyaknya informasi yang diperoleh melalui media cetak dan internet yang sangat dibutuhkan oleh seluruh masyarakat membuat banyaknya orang yang merasakan manfaat dari keterampilan membaca. Berdasarkan pengamatan awal di SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember, diperoleh beberapa permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dintaranya : 1) siswa belum dapat memahami isi bacaan yang dibacanya, dan 2) siswa belum dapat menceritakan kembali isi bacaan yang dibacanya dengan kalimat sendiri secara runtut. Alternatif pemecahan masalah yang diambil adalah strategi membaca KWL (Know, Want, and Learn), karena strategi KWL melibatkan tiga langkah dasar yang menuntun siswa dalam memberikan salah satu jalan tentang apa yang telah mereka ketahui (K), menentukan apa yang ingin mereka ketahui (W), dan mengingat kembali apa yang mereka pelajari dari membaca (L). Berdasarkan pernyataan di atas, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah “a) Bagaimanakah proses penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012? dan b) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012 setelah diterapkannya strategi KWL?”. Sesuai dengan permasalahan yang ada, tujuan yang ingin dicapai adalah a) Mendeskripsikan proses penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III Kabupaten jember tahun pelajaran 2011-2012, dan b) Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012 melalui proses penerapan strategi KWL. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dan jenis penelitian kolaboratif, dimana peneliti sebagai pelaksana tindakan (praktisi) dan guru sebagai observer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan wawancara. Proses penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012 dilakukan dengan cara: a) guru (praktisi) menjelaskan langkah- langkah kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi KWL secara jelas, b) guru sering memberikan contoh kepada siswa dalam mengerjakan LKS dan merangkum isi teks bacaan, d) guru sering berkeliling untuk mengecek siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan, dan e) guru pandai menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi KWL mengalami peningkatan. Siswa dapat membuat dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan yang mereka baca serta dapat membuat kesimpulan/ringkasan yang singkat, jelas dan sesuai dengan isi teks bacaan yang dibaca. Peningkatan kemampuan membaca siswa juga dapat dilihat dari perbandingan nilai pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II dengan SKM yang telah ditetapkan di SDN Banjarsengon 02 adalah nilai 60. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa 51,9 pada siklus I setelah diterapkan strategi KWL terjadi peningkatan hasil belajar, nilai rata-rata siswa 67,5 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa 84,3. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru dalam pembelajaran mata pelajaran lain aspek membaca bisa menggunakan penerapan strategi KWL karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Selain itu, siswa juga dapat membandingkan pengetahuan awal yang dimiliki sebelum membaca dengan pengetahuan yang dimiliki setelah membaca.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204132;
dc.subjectSTRATEGI KWL (KNOW, WANT, AND LEARN)en_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW, WANT, AND LEARN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS III SDN BANJARSENGON 02 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record