Show simple item record

dc.contributor.authorMOHAMMAD AIENOR RAKHMAN
dc.date.accessioned2013-12-30T01:42:56Z
dc.date.available2013-12-30T01:42:56Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM050210192004
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13702
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan dikelas VII-E SMPN 12 Jember yang didasarkan oleh permasalahn proses belajar mengajar yang terjadi, yaitu rendahnya aktifitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah ” Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research)”. Metode pengupulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskrptif yaitu mendeskripsikan secara kualitatif dan kuantitatif data : (1) hasil penelitian; (2) aktifitas belajar untuk megetahui peningkatan aktifitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II; (3) ketuntasan hasil belajar untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Data hasil observasi yang menunjukkan bahwa rat-rata aktivitas belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan mencapai 47,5%, sedangkan aktifitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan telah mengalamai peningkatan yaitu ditunjukkan dengan besarnya prosentase secara klasikal aktifitas belajar siswa mencapai 60,60%. Pada siklus II aktifitas belajar telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktifitas belajar siswa meningkat menjadi 65,33%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum adanya perlakuan adalah sebesar 4-%, pada pembelajaran siklus I sebesar 77,50% dan pada siklus II sebesar 82,50%. Kesimpulan penelitian ini adalah : (1) strategi peta pikiran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan kalor kelas VII-E di SMP Negeri 12 Jember dengan persentase secara klasikal mencapai 65,33% dan berada dalam kategori aktif, (2) strategi peta pikiran dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan kalor kelas VII-E di SMP Negeri 12 Jember dengan persentase secara klasikal mencapai 82,50%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210192004
dc.subjectActive Learningen_US
dc.subjectHasil Belajar Fisika
dc.titlePenerapan Active Learning dengan Strategi Belajar Peta Pikiran untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar dan Hasil Belajar Fisika Di SMP Negeri 12 Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record