Show simple item record

dc.contributor.authorIGUH FITRA ZULIANTO
dc.date.accessioned2013-12-29T01:12:47Z
dc.date.available2013-12-29T01:12:47Z
dc.date.issued2013-12-29
dc.identifier.nimNIM010210301111
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13615
dc.description.abstractProses belajar mengajar diselenggarakan di sekolah tidak terlepas dari peran seorang guru sebagai fasilitator dan motivator. Dalam kegiatan belajar mengajar tidak menutup kemungkinan bahwa siswa mengalami kebosanan atau kejenuhan terhadap meteri pelajaran. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah tanpa disertai dengan media pembelajaran yang menarik. Oleh Karena itu dalam rangka untuk meningkatkan minat belajar siswa, guru harus mampu menciptakan media pembelajaran yang menarik salah satunya adalah media pembelajaran komik. Karena komik merupakan salah satu bacaan yang sangat digemari oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran komik pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Responden penelitian ini ditentukan secara populatif yaitu semua siswa kelas VIII G sebanyak 46 siswa, sedangkan tempat penelitian menggunakan metode purposive yaitu SMP Negeri I Pandaan Pasuruan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas VIII G semester ganjil SMP Negeri I Pandaan Pasuruan tahun ajaran 2006/2007 pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan Harga Pokok dan Jual barang mengalami peningkatan dari rendah ke tinggi. Sebelum dilaksanakan tindakan skor rata-rata minat belajar siswa sebesar 2,78 yang tergolong pada kriteria rendah. Setelah dilaksanakan pada siklus I minat belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 3,25 yang tergolong pada kriteria tinggi. Pada siklus II, minat belajar siswa semakin meningkat dengan skor rata-rata 3,63 dengan kriteria tinggi. Selain itu, hasil angket minat belajar siswa juga menunjukkan adanya peningkatan. Sebelum diterapkan media pembelajaran komik prosentase hasil angket mencapai 69,99 % dengan kriteria cukup baik. Setelah diterapkan hasil angket siswa meningkat 89,19 % dengan kriteria baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries010210301111;
dc.subjectMedia Komiken_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII G Semester Ganjil SMP Negeri I Pandaan Pasuruan Tahun Ajaran 2006/2007)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record