Show simple item record

dc.contributor.authorUmmi Kulsum
dc.date.accessioned2013-12-27T03:08:03Z
dc.date.available2013-12-27T03:08:03Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM070210191133
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13306
dc.description.abstractPenelitian pengembangan ini menggunakan Metode Plomp yang terdiri dari 5 fase. Fase yang pertama adalah fase investigasi awal yaitu perumusan instrumen keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga dan penskorannya menurut standar proses komunikasi matematis NCTM. Dilanjutkan dengan fase desain yakni fase merancang semua aspek yang diperlukan untuk pengembangan instrumen mulai dari merancang dan membuat kisi-kisi instrumen, merancang lembar validasi, angket dan soal tes. Fase berikutnya adalah fase realisasi (konstruksi). Pada fase ini dilakukan konstruksi instrumen keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga dan penskorannya hingga siap divalidasi, konstruksi lembar validasi, angket dan soal tes. Setelah fase konstruksi dilalui, dilakukan fase tes, revisi, dan evaluasi yang terdiri dari 2 kegiatan utama yaitu validasi instrumen dan uji coba instrumen yang telah divalidasi. Validasi instrumen dilakukan oleh 3 validator (ahli) terhadap instrumen keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga dan penskorannya menurut standar proses komunikasi matematis NCTM. Hasil validasi berupa koefisien validitas instrument. Koefisien validitas pada instrumen keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga sebesar 0,8245 dan koefisien validitas pada instrumen penskorannya sebesar 0,8254. Persentase kepraktisan pada instrumen keterampilan melukis garis istimewa dan penskorannya masing-masing sebesar 100%. Persentase keefektifan penerapan langkah melukis garis istimewa pada segitiga pada tahapan melukis, soal nomor 1, 2, 3 dan 4 berturut-turut adalah 90%, 89,7%, 85%, 92,75%. Sedangkan persentase pemberian skor pada instrumen penskoran keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga menurut standar proses komunikasi matematis NCTM dari tahapan melukis, soal nomor 1, 2, 3 dan 4 berturut-turut adalah 92,8%, 93,5%, 88,4%, 92,75% . Prototipe akhir yang didapat dari penelitian pengembangan ini adalah instrumen keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga menurut standar proses komunikasi matematis NCTM dan penskorannya yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191133;
dc.subjectKeterampilan Melukis, NCTM, Segitigaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN MELUKIS GARIS ISTIMEWA PADA SEGITIGA DAN PENSKORANNYA MENURUT STANDAR PROSES KOMUNIKASI MATEMATIS NCTM (NATIONAL COUNCIL OF TEACHER OF MATHEMATICS) UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record